Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan Gobak Sodor sebagai media pembelajaran untuk melatihkan keterampilan memecahkan masalah yang layak ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap revisi produk. Proses uji coba produk dilakukan pada 30 siswa kelas VII-H SMP dengan desain penelitian one gruop pretest-posttest design. Metode pengumpulan data yaitu metode telaah, angket, observasi dan tes. Teknik analisis data berdasarkan hasil telaah, validasi, kepratisan media, dan keefektifan media. Hasil penelitian validitas media permainan gobak sodor dikatakan valid ditunjukkan dengan nilai modus sebesar 3 pada kriteria isi, nilai modus kriteria penyajian sebesar 3, nilai modus kriteria persyaratan permainan pendidikan sebesar 3 dan 4, nilai modus kriteria kebahasaan sebesar 3. Semua aspek mendapatkan kategori layak. Kepraktisan permainan Gobak Sodor ditinjau dari respon siswa sebesar 88% dengan kriteria sangat baik. Keefektifan permainan Gobak Sodor ditinjau dari peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan diperoleh N-gain score sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Aspek keterampilan memecahkan masalah diperoleh melalui analisis N-gain indikator mengidentifikasi masalah sebesar 0,8; indikator merancang solusi 0,6; indikator mengelompokkan data 0,4; indikator menentukan solusi 0,6. Hal ini didukung dari hasil observasi siswa yang menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan aspek sebesar 88% dengan kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan Gobak Sodor sebagai media pembelajaran untuk melatihkan keterampilan memecahkan masalah telah layak berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
This research aims to produce Gobak Sodor games as the medium of teaching to practice probelm solving skills based on the validity, the practicability, and the effectiveness. This type of researh is a reseach and development (R&D). This research only done at the product revision stage. The product trial process was conducted in the students of grade VII Junior High School with a design study one gruop pretest-posttest design. Method of collecting data is riview method and validation, questionnaire, observation, and test method. Data analysis techniques used result review, validation, practicability, and effectiveness. The results of the research on the validity of the game media gobak sodor are valid ndicated by a mode value of 3 in the content criteria, the presentation criteria mode value is 3, criteria for educational game requirements mode value 3 and 4, language criteria mode value 3. All aspects get a worthy category. The practicability of Gobak Sodor game in terms of gaining student responses acquired value of 88% in very well criteria, and the effectiiviness of Gobak Sodor game in terms of learning result improvements based on N-gain score acquired values 0,8 in very well criteria. Problem solving skills based on N-gain analysis aspect of identify problem acquired value 0,8; aspect of plan solution 0,6; aspect of classify data 0,4; and aspect specify solution acquired value 0,6. This improvements is also supported by the observation result of overall average acquired value 88% in well criteria. Therefore, it can be concluded that the Gobak Sodor game as learning media of problem solving skill is feasible based on the validity, the practicability, and the effectiveness.