Studi Literatur Pengaruh Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi
Abstrak
Dalam ilmu pendidikan yang saat ini tidak dapat terlepas dari perkembangan teknologi yang melahirkan banyak terobosan baru dalam metode pembelajaran di perguruan tinggi guna meningkatkan prestasi belajar. Penggunaan video sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa ternyata berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil telaah dari beberapa jurnal yang dipilih video sebagai media pembelajaran tidak hanya dapat digunakan untuk siswa SD, SMP, maupun SMA saja, namun juga bisa digunakan untuk perguruan tinggi pada literatur review ini telah merangkum beberapa dengan komprehensif, serta menilai dan meninjau literatur yang ada tentang efektifitas dan pengaruh penggunaan video sebagai media pembelajaran di perguruan tinggi. Tujuan dari literature review artikel jurnal yang dilakukan oleh peneliti adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media video sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa/i. Hasil telaah dari semua jurnal yang dijadikan rujukan juga menunjukkan bahwa penggunaan video sebagai media pembelajaran membantu mahasiswa lebih mudah dalam belajar, mengingat, dan mendapat pelajaran atau materi dengan cepat dan mudah dipahami. Berdasarkan beberapa penjelasan yang telah dikemukakan, beberapa media video yang bisa digunakan selain dari youtube, juga bisa berasal dari video presentasi, video animasi tentang praktis, dan video game.
Kata kunci : Video, Media Pembelajaran
Abstract
In education, which currently cannot be separated from technological developments that have given birth to many new breakthroughs in learning methods in higher education to improve learning achievement. The use of video as a learning medium for students has an effect on learning outcomes. Based on the results of a review of several selected journals, video as a learning medium can not only be used for elementary, junior high, and high school students, but can also be used for universities in this review literature has summarized some comprehensively, as well as assessing and reviewing existing literature about the effectiveness and influence of using video as a learning medium in higher education. The purpose of the literature review journal articles conducted by researchers is to determine the effectiveness of the use of video media as a learning medium for students. The results of the analysis of all the journals that are used as references also show that the use of video as a learning medium helps students more easily learn, remember, and get lessons or material quickly and easily understood. Based on some of the explanations that have been stated, some video media that can be used apart from YouTube, can also come from video presentations, practical animation videos, and video games.
Keywords : Video , learning media