Motorik kasar merupakan aktivitas gerak yang melibatkankoordinasi gerak otot-otot tubuh dan energi yang besar jugaterkait dengan karakteristik anak yang sangat aktif dan sukabergerak. Salah satu aktivitas yang dapat diberikan untukmengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak yaitumelalui aktivitas yang melibatkan kaki, tangan, dan keseluruhananggota badan. Ada beberapa cara untuk meningkatkankemampuan motorik kasar anak, salah satunya denganmenggunakan media video binatang. Tujuan penelitian iniadalah mengetahui pengaruh media video binatang terhadapmotorik kasar anak kelompok A TK Permata Bunda Surabaya.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif.Desain yang digunakan adalah Pre-Experimental design denganjenis One Grup Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian iniadalah anak kelompok A TK Permata Bunda Surabaya yangberjumlah 18 anak. Penelitian ini dilakukan sebanyak empat kalipertemuan, dengan 1 kali pre-test, 2 kali treatment, dan 1 kali posttest.Teknik pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang diperolehdari penelitian dianalisis menggunakan tabel penolong WilcoxonMatch Pairs Test.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwaada perbedaan dalam analisis data terhadap motorik kasar anakxiisebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakanmedia video binatang, yang dapat dilihat dari hasil pretest danpostest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung = 0,sedangkan Ttabel dengan subjek 18 anak dengan taraf signifikan5% = 40. Dari angka yang diperoleh berarti Thitung < Ttabel (0 < 40)sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0)ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media videobinatang berpengaruh terhadap motorik kasar pada anakkelompok A di TK Permata Bunda Surabaya.Kata kunci: media video binatang, motorik kasar.
Gross motor is a movement involving muscle coordination andenergy which related to characteristics of an active and well-moved kids.One of the activity that can be provided to develop the ability of grossmotor in children through activities involving the feet, hands, and therest of the limbs. The purpose of this research is to knowing the effect ofanimal video media for children gross motor ability in group A TKPermata Bunda Surabaya.This research is a quantitative research, using Pre-Experimentaldesign with One Group Pretest-Posttest Design. The sample in thisresearch in group A TK Permata Bunda Surabaya wich amounts 18children. The research was done in four times, with 1 time to pre-test, 2times to treatment, and 1 times to post-test. Data collected in thisresearch by observation and documentation. The data obtained in thisresearch is analyzed with Wilcoxon Match Pairs Test table.Based on the results of this research, it can be concluded that thereare differences in data analysis of gross motor the child before and aftertreatment with animal vide as media in the aspect of data analysis whichcan be seen through the pretest and posttest result. The data analysisshows that Tcount = 0, while Ttable to the subject of 18 children with thestandard of significant 5% = 40. From the result obtained can beconcluded Tcount < Ttable (0<40) so the alternative hypothesis (Ha)accepted and the null hypothesis (H0) is rejected. In conclusion, animalvideo as media take effect in children gross motor ability in group A inTK Permata Bunda Surabaya.Keywords: animal media video, gross motor.