Pengembangan E-book Cuaca Terhadap Kemampuan Literasi Sains Anak Usia 5-6 Tahun
DEVELOPMENT OF WEATHER E-BOOKS ON SCIENCE LITERACY SKILLS OF 5-6 YEAR OLD CHILDREN
Latar belakang dari peneitian ini adalah kemampuan literasi sains anak pada lembaga TK Miftahul Ulum Tlogoagung masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan media untuk meningkatkan kemampuan literasi sains yaitu E-book Cuaca. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media E-book Cuaca terhadap kemampuan literasi sains anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di RA Miftahul Ulum Tlogoagung berjumlah 15 anak. Metode yang digunakan adalah pre-ekperimental design dengan model one group pretest posttest. Media E-book Cuaca dikembangkan melalui uji validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi materi mendapatkan skor 91,67% dengan kategori sangat layak. Hasil uji validasi media mendapatkan nilai 91,67% dengan kategori sangat layak. Uji keefektifan menggunakan uji wilcoxon dengan hipotesis adanya pengaruh E-book Cuaca terhadap kemampuan literasi sains anak usia 5-6 tahun. Hasil uji keefektifan mendapatkan hasil <0,001 yang nilai tersebut berada dibawah 0,005. Berdasarkan penilaian tersebut, maka hipotesis diterima.
The background of this research is that children's science literacy skills at RA Miftahul Ulum Tlogoagung are still low. Therefore, this study developed media to improve science literacy skills, namely the Weather E-book. The purpose of this study was to determine the feasibility and effectiveness of the Weather E-book media on the science literacy skills of children aged 5-6 years. This type of research is development (R&D) using the ADDIE model with 5 stages namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects of this study were students at RA Miftahul Ulum Tlogoagung totaling 15 children. The method used is pre-experimental design with a one group pretest posttest model. Ebook Weather media was developed through validation tests of material experts and media experts. The material validation results get a score of 91.67% with a very feasible category. The results of the media validation test received a score of 91.67% with a very feasible category. The effectiveness test uses the Wilcoxon test with the hypothesis that there is an effect of the Weather E-book on the science literacy skills of children aged 5-6 years. The effectiveness test results get the results <0.001 which is below 0.005. Based on this assessment, the hypothesis is accepted.