Setiawati, Heny . 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas
VIII . Tesis , Program Studi
Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dwi Juniati, M.Si., dan (II) Dr. Siti Khabibah, M.Pd
Kata-kata kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran,
pembelajaran kooperatif STAD, pendekatan kontekstual.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan
perangkat pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan
kontekstual dan mendeskripsikan kualitas hasil
perangkat pengembangan tersebut. Kualitas hasil pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan pada
kriteria valid, praktis dan efektif. Materi yang digunakan dalam pengembangan ini
adalah materi Sistem Persamaan Linear
Dua Variabel di kelas VIII.
Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan.
Model pengembangan perangkat
pembelajaran dalam penelitian
ini diadaptasi dari
model pengembangan model 4-D dari Thiagarajan (1974) yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap,
yaitu tahap pendefinisian yang bertujuan untuk mempersiapkan rancangan
pengembangan perangkat, tahap perancangan bertujuan untuk menyusun perangkat pembelajaran
mengikuti rancangan model 4-D dari Thiagarajan (1974) dilanjutkan dengan tahap ujicoba
yaitu pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan rancangan pretest-posttest
design. Ujicoba perangkat ini dilakukan di MTs. Nurul Huda Sidoarjo. Data hasil
penelitian diperoleh sebagai berikut: Kevalidan perangkat pembelajaran dengan nilai skor rata-rata antara 3,00 dan 3,70, rata-rata skor kemampuan
guru mengelola pembelajaran 3,50 dan 3,88, aktivitas siswa dalam batas
toleransi waktu ideal serta lebih dari 80% siswa memberi respon positif.
Sedangkan Tes Hasil Belajar (THB) dengan validitas butir tes lebih dari 0,50,
reliabilitas tes 0,73, dan setiap butir tes dengan sensitif atau peka terhadap
pembelajaran serta terlaksananya proses pembelajaran sesuai dengan teori.
Berdasarkan hasil analisis data,
dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan
pendekatan kontekstual yang dihasilkan memnuhi kriteria baik yang ditunjukkan
dengan: (1) Kevalidan perangkat pembelajaran, (2) kemampuan guru mengelola
pembelajaran baik, (3) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran efektif, (4)
respon siswa terhadap komponen pembelajaran positif, dan (5) terlaksananya proses pembelajaran sesuai dengan teori. Namun penelitian
ini masih terdapat kelemahan pada LKS 01 yaitu masalah yang disajikan pada
kegiatan awal (kegiatan 1) belum dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari,
sehingga belum menunjukkan kontekstual.