RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL GERBANG DIALOG DANUR DAN MADDAH KARYA RISA SARASWATI
THE RELEVANCE OF EDUCATIONAL VALUE IN THE NOVELS GERBANG DIALOG DANUR AND MADDAH BY RISA SARASWATI
Nilai pendidikan memiliki hubungan dengan karya sastra. Pada karya sastra berupa novel terdapat nilai pendidikan yang mengandung makna kebaikan di dalamnya. Pesan yang disampaikan melalui unsur novel yaitu amanat melalui perilaku, cara berpikir dan rasa yang dimiliki oleh tokoh yang ada di dalam cerita tersebut. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan relevansi nilai pendidikan dari novel Gerbang Dialog Danur dan Maddah dan memaparkan nilai pendidikan yang terkandung dalam kedua novel tersebut. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu novel Gerbang Dialog Danur 2015 dan Maddah 2017. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dengan teknik pengumpulan data berupa teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif interpretatif dengan menjabarkan informasi dari sumber data yang sudah dikumpulkan. Data yang sudah terkumpul dilakukan dengan cara memaparkan nilai pendidikan yang telah ditemukan pada novel. Berdasarkan dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai pendidikan yang ditemukan ada tiga macam yaitu nilai religius, nilai moral, dan nilai sosial. Relevansi pada novel Gerbang Dialog Danur dan Maddah karya Risa Saraswati yaitu nilai pendidikan yang ditanamkan pada novel pertama diteruskan pada novel keduanya oleh penulis. Sehingga, tokoh bernama Risa dan lima sahabatnya selalu memiliki nilai pendidikan yang sama seperti nilai religius, nilai moral, dan nilai sosial. Data yang ditemukan dalam novel Gerbang Dialog Danur terdapat dua puluh lima. Sedangkan pada novel Maddah ditemukan dua puluh enam.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Relevansi, Novel Gerbang Dialog Danur dan Maddah karya Risa Saraswati
The value of education is related to the work of literature. In the literary work of the novel, there is the value of education, which contains the meaning of goodness. The message is delivered through the novel element of trust in the behavior, way of thinking, and feelings of the characters in the story. The aim of this research is to expose the educational relevance of the novels Gerbang Dialog Danur and Maddah and to exhibit the educational values contained in the two novels. The approach and type of research used in this research are qualitative. The data sources used are the novels Gerbang Dialog Danur 2015 and Maddah 2017. The collection technique used is a free-to-use compilation technique with data collection techniques such as reading and recording techniques. The data analysis techniques used are descriptive-interpretive techniques for reporting information from the data sources already collected. The data that has been collected is done by displaying the educational values that have been found in the novel. Based on research data, it can be concluded that the educational value found exists in three categories: religious value, moral value, and social value. The relevance of Risa Saraswati novels Gerbang Dialog Danur and Maddah is the educational value embedded in the first novel, continued by the author in the second novel. So, Risa and her five best friends always have the same educational values as religious values, moral values, and social values. The data found in the novel “Gerbang Dialog Danur” is twenty-five, whereas in Maddah, it's twenty-six.
Keywords: Educational Value, Relevance, Novels Gerbang Dialog Danur and Maddah by Risa Saraswati