The Role Of Target Costing Implementation In Increasing MSME Profit
Target costing adalah metode yang digunakan untuk menentukan target harga dan biaya maksimal untuk suatu produk untuk dapat mencapai keuntungan yang diharapkan. Target costing merupakan metode yang cocok digunakan bagi usaha dalam menghadapi persaingan yang kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah target costing dapat diterapkan oleh UMKM Indonesia dan pengaruhnya terhadap peningkatan laba. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa UMKM Indonesia telah menerapkan target costing dan berdampak pada peningkatan laba.
Target costing is a method used to determine the maximum target price and cost for a product in order to get the expected benefits. Target costing is suitable for businesses to face competitive competition. The purpose of this study is to determine whether target costing can be applied by Indonesian MSMEs and its effect on increasing profits. This research is a type of literature study research and the results show that several Indonesian MSMEs have implemented target costing and have an impact on increasing profits.