PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI CERMIN
IMPLEMENTATION OF GUIDED DISCOVERY MODEL TO INCREASE STUDENTS' SCIENCE LITERACY IN MATERIAL MIRROR
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Guided Discovery pada materi cermin terhadap keterampilan literasi sains siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pra-experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah 29 siswa kelas VIII pada salah satu SMPN di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terlaksana sangat baik dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 94,44%. Aktivitas peserta didik menunjukkan kriteria sangat baik dengan persentase hasil sebesar 84,60%. Rata-rata keterampilan literasi sains peserta didik berdasarkan hasil Pretest mendapatkan skor sebesar 30 yang meningkat menjadi 81 pada hasil Posttest. Hasil N-Gain Score yang diperoleh yaitu sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Penerapan model Guided Discovery pada materi cermin memperoleh’respon positif dari peserta didik dengan perolehan rata-rata respon peserta didik sebesar 96% dengan kriteria baik sekali yang menunjang tumbuhnya keterampilan literasi sains peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, model Guided Discovery pada materi cermin dapat meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik.
Kata Kunci: Guided Discovery, Literasi Sains, Cermin, Level Literasi Sains.
The aim of research was to describeethe students’ science literacy skills to the implementation of Guided Discovery model in material mirror. The type used in this research was Pra-experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design. The subject of this research were 29 students of 8th grade which is one of junior high school in Surabaya. Based of research result, implementation offlearning was in excellent category with 94,44%. Students’ activity were in excellent category with 84,60%. The averagesof students’ science literacy skills based of Pretest was 30 which increased to 81 in Posttest. The result offN-Gain Scoreswas 0,72 with highs category. The implementation of Guided Discovery model in material mirror got positive responses from students with average result of it was 96% in excellent category which supported the growth of science literacy skills. Based of the data, Guided Discovery model in material mirror can increase students’ science literacy skills.
Keywords: Guided Discovery, Science Literacy, Mirror, Science Literacy Level.