Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dakon modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan dan motorik halus pada anak kelompok A di RA Laboratorium STAI.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yaitu quasi experimental dengan menggunakan non equivalent controls group design.Sampel dalam penelitian ini 76 anak kelompok A di RA Laboratorium STAI.Kelompok A1 sebagai kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa dakon modifikasi.Sedang kelompok A2 sebagai kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan tetapi pembelajaran biasa sesuai dengan kegiatan sekolah.Metode pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi.Analisis statistik menggunakan statistik non parametrik sehingga melakukan uji tanda (sign test) dan Wilcoxon Matched Pairs Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat:
1. Pengaruh dakon modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A(Z=-5.480;p<0,05) dan
2. Pengaruh dakon modifikasi terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok A (Z=-5,450;p<0,05)
Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan dakon modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan dan motororik halus pada anak kelompok A di RA Laboratorium STAI.Selain itu, dakon modifikasi terbukti efektif untuk mengetahui kemampuan mengenal konsep bilangan dan motorik halus
This study aims to determine the effect of modified modifications on the ability to recognize the concepts of numbers and fine motor skills in group A children at RA STAI Laboratory.
This study was included in a quantitative study that is a quasi experimental using non equivalent controls group design. The sample in this study was 76 children of group A in RA Laboratory STAI. Group A1 as an experimental group was given treatment in the form of a modified dakon. given treatment but normal learning in accordance with school activities. Data collection methods using observation sheets and documentation. Statistical analysis uses non-parametric statistics so that it performs a sign test and Wilcoxon Matched Pairs Test. The results of the study indicate that there are:
1. Effect of modified modifications on the ability to recognize the concept of numbers in group A children (Z = -5.480; p <0.05) and
2. Effect of modified dakon on fine motor skills in children in group A (Z = -5,450; p <0.05)
Based on the results of the analysis it can be concluded that there is an influence of the use of modified dakon on the ability to recognize the concepts of numbers and fine motor skills in group A children at RA Laboratory of STAI. In addition, the modified dakon proved effective in knowing the ability to recognize the concepts of numbers and fine motor skills