STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO
Dance Learning Strategies For Extracurricular Activities at Antarctica 2 Vocational High School, Sidoarjo
Strategi pembelajaran merupakan cara yang tidak sama untuk mencapai hasil belajar yang tidak sama pada keadaan yang tidak sama. Strategi pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan. Keberhasilan prestasi yang diraih pada pembelajaran ekstrakurikuler seni tari karena keberhasilan strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajarannya, untuk itu penelitian ini bertujuan mengkaji strategi pembelajaran yang digunakan dalam ekstrakurikuler seni tari di SMK Antartika 2 Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data dari guru dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler seni tari dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu strategi pengorganisasian dalam pembelajaran guru pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari memberikan berbagai macam materi tari mulai dari tarian dasar hingga tarian yang tingkatan levelnya tinggi. Strategi penyampaian yang digunakan guru menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan sinopsis dari materi tari yang akan dipelajari. Strategi pengelolaan yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari menggunakan arah hadap yang berbeda dan play musik acak. Dari penggunaan strategi pembelajaran maka interaksi peserta didik menjadi baik, mandiri, dalam penyampaian materi tari peserta didik dapat memahami dengan jelas dan mudah diterima.
Learning strategies are different ways to achieve different learning outcomes in different situations. Learning strategies can be classified into three, namely organizing strategies, delivery strategies, and management strategies. The success of the achievements in dance extracurricular learning was due to the success of the learning strategies used by the teacher in implementing their learning. For this reason, this study aims to examine the learning strategies used in dance extracurricular activities at SMK Antartika 2 Sidoarjo. The research method uses a qualitative approach with data sources from teachers and students. Collecting data using observation, interviews and documentation. The results showed that the learning strategies used by the teacher in the dance extracurricular learning process can be classified into three, namely the organizing strategy in teacher learning in dance extracurricular activities providing a variety of dance materials ranging from basic dances to high-level dances. The delivery strategy used by the teacher uses the lecture method to convey a synopsis of the dance material to be studied. The management strategy used by the teacher in carrying out learning in dance extracurricular activities uses different facing directions andplay random music. From the use of learning strategies, the interaction of students becomes good, independent, in delivering dance material, students can understand clearly and be easily accepted.