THE USE OF VISUAL LEARNING MEDIA ON THE ARITHMETIC OPERATION ABILITY OF MILD MENTALLY RETARDED CHILDREN
Anak tunagrahita ringan mempunyai masalah kesulitan belajar yang terlihat nyata pada bidang akademik. Salah satu kesulitan belajar yang dialami pada bidang akademik yaitu operasi hitung. Operasi hitung penting untuk diajarkan kepada anak tunagrahita ringan karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pekerjaan, keluarga, dan masyarakat. Oleh karena itu, untuk mengajarkan materi operasi hitung kepada anak tunagrahita ringan guru perlu memberikan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran visual terhadap pengoptimalan kemampuan operasi hitung anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan telaah kepustakaan dari artikel dan buku yang relevan dengan penelitian, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menyelesaikan masalah. Pada literatur dengan jenis penelitian Single Subject Reasearch (SSR) yang menggunakan desain A-B-A menunjukkan nilai rata-rata pada kondisi baseline-1 (A1) sebesar 63,00%, nilai rata-rata kondisi intervensi (B) sebesar 71,51%, dan nilai rata-rata pada kondisi baseline-2 (A2) sebesar 82,24%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan operasi hitung anak tunagrahita ringan meningkat dengan menggunakan media pembelajaran visual di antaranya yaitu media kartu angka angka, papan flanel pintar, kereta angka, bola bowling, dan dadu.
Kata kunci: Media, operasi hitung, tunagrahita ringan.
Mild mentally retarded children have learning difficulties that are evident in the academic field. One of the learning difficulties experienced in the academic field is arithmetic operations. Arithmetic operations are important to be taught to the children with mild mental retardation because they are related to daily life, including work, family, and society. Therefore, to teach arithmetic operations material to mild mentally retarded children, teachers need to provide learning media. This study aims to analyze the use of visual learning media to optimize the arithmetic operation ability of the mild mentally retarded children. This study uses a literature review method by reviewing the literature from articles and books that relevant to the study, then analyzed using a quantitative approach to solve the problem. In the literature with the type of Single Subject Research (SSR) that uses the ABA design, the average value for the baseline-1 condition (A1) is 63.00%, the average value for the intervention condition (B) is 71.51%, and the average value at baseline-2 (A2) was 82.24%. Based on these results, it can be concluded that the arithmetic operation ability of mild mentally retarded children increases by using visual learning media including number card media, smart flannel board, number train, bowling ball, and dice.
Keywords: visual learning media, arithmetic operation, mild mentally retarded.