Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan promosi dengan keputusan siswa memilih Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Gresik, hubungan citra sekolah dengan keputusan siswa memilih Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Gresik serta hubungan promosi dan citra sekolah dengan keputusan siswa memilih Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 697 siswa dan jumlah sampel penelitian sebanyak 254 responden. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment dan uji korelasi ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan program SPPS 23.0. for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) promosi berhubungan signifikan dan bersifat positif dengan keputusan memilih sebesar 0,366; (2) citra sekolah berhubungan signifikan dan bersifat positif dengan keputusan memilih sebesar 0,517; (3) promosi dan citra sekolah secara bersama-sama berhubungan signifikan dengan nilai r sebesar 0,522. Kontribusi variabel bebas promosi dan citra sekolah dengan keputusan memilih sebesar 0,237, berarti kedua variabel bebas tersebut berhubungan dengan keputusan siswa memilih sekolah sebesar 23,7% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain selain variabel yang diteliti.
Kata kunci: Promosi, Citra Sekolah, Keputusan Memilih.
This research aims to examine the relationship between promotion with student decision in choosing MAN in Gresik Regency, the relationship of school image with student decision in choosing MAN in Gresik Regency, and the relationship of promotion and school image with student decision in choosing MAN in Gresik Regency. This research used quantitative research methods with a population of 697 students and a total sample of 254 respondents. Data collection techniques in the form of questionnaires using a Likert scale. Data analysis techniques in this research using product moment correlation test and multiple correlation test. The results of the research data were analyzed using the SPSS version 23.0 program for windows.
This results of the research show that: (1) the promotion has a significant and positive relationship with related to student decision to choose MAN of 0,366; (2) the school image has a significant and positive relationship with student decision to choose MAN of 0,517; (3) promotion and school image together relate significantly and positively with r value of 0,522. Contributions from promotions and school images with the desicion to choose amounted to 0,237, which means that two independent variables related with the student decision to choose MAN in Gresik Regency at 27,30% while the rest is influenced by other variables besides the variables under study.
Keywords: Promotion, School Image, Decision to Choose.