Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Adversitas Terhadap Mutu Lulusan Politeknik Pelayaran Surabaya
The Effects of Intelligence, Emotional, Spiritual and Adversity Quotient on the Graduates Quality in Surabaya Shipping Polytechnic
Puspitacandri, A., 2020. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Adversitas Terhadap Mutu Lulusan Politeknik Pelayaran Surabaya. Pembimbing 1: Prof. Dr. Warsono, M.Si., Pembimbing 2: Dr. Erny Roesminingsih, M.Si
Kecerdasan biasa digunakan sebagai prediktor dari kesuksesan seseorang, Lulusan berkualitas tidak hanya ditandai dengan tingginya kompetensi intelektual, namun juga keterampilan serta kompetensi sosial yang dimiliki lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ), dan kecerdasan adversitas (AQ) terhadap mutu lulusan pendidikan tinggi vokasi pelayaran. Data dikumpulkan dari 217 kadet di Politeknik Perkapalan Surabaya yang telah mengikuti praktek kerja lapangan di kapal sebagai responden menggunakan teknik stratified cluster random.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional yang meneliti masing-masing variabelnya secara mendalam dengan maksud menjelaskan kedudukan variabel yang diteliti dan menemukan hubungan dari masing-masing variabel untuk menentukan jalur pengaruh dan untuk menciptakan model struktural terbaik mutu lulusan berbasis kecerdasan (IESA-Q). Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner yang dikembangkan dari beberapa skala yang ada, selanjutnya dianalisis menggunakan Structural Equation Models (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung dan tidak langsung dari IQ, EQ, SQ, dan AQ pada mutu lulusan, yang berarti bahwa setiap kecerdasan memiliki hubungan positif pada mutu lulusan. Proses untuk menciptakan mutu profesional dan mutu etika lulusan Politeknik Pelayaran didominasi oleh EQ (25,2%) dan SQ (21,4%), sedangkan IQ menjadi faktor penting karena mempengaruhi proses pengembangan dari semua kecerdasan. Berdasarkan temuan penelitian ini, persyaratan penerimaan taruna agar lebih ditekankan pada IQ dan EQ sebagai dasar untuk mengembangkan kecerdasan lainnya dalam menghasilkan lulusan dengan mutu yang baik dan pembelajaran dirancang berdasarkan IESA-Q untuk mengendalikan dan mengevaluasi proses dan hasil produk.
Kata Kunci: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan adversitas, mutu lulusan, vokasi pelayaran
Puspitacandri, A., 2020. The Effects of Intelligence, Emotional, Spiritual and Adversity Quotient on the Graduates Quality in Surabaya Shipping Polytechnic. Promotor: Prof. Dr. Warsono, M.Si., Co-Promotor: Dr. Erny Roesminingsih, M.Si
This research aims to analyze the effects of intelligence quotient, emotional quotient, spiritual quotient, and adversity quotient on the graduates quality of vocational higher education. Data were collected from 217 cadets at Surabaya Shipping Polytechnic who already took an internship as respondents using stratified cluster random technique. This is a correlational andquantitative study using a questionnaire developed from several existing scales and analyzed using Structural Equation Models (SEM) to determine the path of effects and to create the best structural model of intelligence-based graduates quality (IESA-Q).
The results indicate that there are direct and indirect effects of intelligence quotient, emotional quotient, spiritual quotient, and adversity quotient on graduates quality, meaning that each quotient has a positive effect on graduate’s quality. The process to create the professional and ethical quality of Surabaya Shipping Polytechnic graduate is dominated by Emotional Quotient (25,2%) and Spiritual Quotient (21,4%), while Intelligence Quotient (IQ) becomes the support as it effects the development process of all quotients, Emotional Quotient (EQ), Spiritual Quotient (SQ), and also Adversity Quotient (AQ). Therefore, based on the findings of this study, the student acceptance requirements are emphasized on IQ and EQ as a basis to develop other quotients in order to generate graduates with good quality. Learning is designed on IQ, EQ, SQ, AQ to control and to evaluate process and product outcomes.
Keywords: Intelligence quotient, emotional quotient, spiritual quotient, adversity quotient, graduates quality.