KONSEPSI SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DENGAN METODE CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX)
STUDENTS' CONCEPTIONS ON SET MATERIALS WITH THE CRI METHOD
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi siswa pada materi himpunan, mendeskripsikan penyebab siswa kurang pengetahuan, dan mendeskripsikan penyebab miskonsepsi terjadi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif evaluatif dengan instrumen utama peneliti sedangkan instrumen pendukung yaitu soal tes konsepsi dilengkapi dengan CRI dan pedoman wawancara. Sumber data penelitian yaitu 31 siswa kelas VII salah satu SMP negeri di Tuban. Data tes konsepsi dianalisis dengan cara mengoreksi jawaban siswa dan mengecek skala CRI yang diberikan siswa pada setiap soal. Data hasil wawancara dianalisis merujuk model Miles dan Huberman (1992). Dalam penelitian ini didapatkan hasil, siswa mempunyai konsepsi bahwa syarat tertentu dan jelas pada pengertian himpunan berarti syarat yang diberikan harus mengacu pada satu kumpulan objek saja, irisan beberapa himpunan adalah himpunan yang beranggotakan semua anggota himpunan yang diketahui, himpunan selalu mempunyai anggota, anggota yang sama dari beberapa himpunan yang diketahui bukan termasuk anggota gabungan, komplemen dari suatu himpunan merupakan himpunan itu sendiri, himpunan bagian bukan berupa himpunan akan tetapi himpunan bagian merupakan anggota himpunan tersebut, semua anggota himpunan semesta termuat dalam himpunan yang dibahas. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan guru pertimbangan untuk menentukan metode yang tepat dalam pembelajaran materi himpunan.
This study aims to describe students' conceptions of the set material, describe the causes of students' lack of knowledge, and describe the causes of misconceptions. This research is an evaluative descriptive study with the main instrument being the researcher, while the supporting instrument is a concept test item equipped with CRI and interview guidelines. Sources of research data are 31 students of class VII one of the public junior high schools in Tuban. Conception test data were analyzed by correcting students' answers and checking the CRI scale given by students on each question. The data from the interviews were analyzed referring to the model of Miles and Huberman (1992). In this study, the results showed that students had a conception that certain and clear conditions in the definition of the set meant that the conditions given must refer to only one collection of objects, the intersection of several sets is a set consisting of all known members of the set, the set always has members, the same members of several known sets that are not members of the union, the complement of a set is the set itself, the subset is not a set but the subset is a member of the set, all members of the universal set are contained in the set under discussion. The results of this study are expected to be used as considerations for teachers to determine the right method in learning set material.