Teknik dan Gaya Bahasa Persuasif Pada Iklan Akun Instagram Merek Lokal Minuman Menantea
Persuasive Language Techniques and Style on Instagram Account Advertising Local Beverage Brand Menantea
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreasi bahasa yang digunakan dalam iklan media sosial Instagram Menantea. Teknik persuasi yang dibentuk mampu meningkatkan daya tarik produk yang ditawarkan kepada konsumen. Kreasi bahasa yang turut menghiasi iklan Menantea disebabkan adanya variasi gaya bahasa yang diperoleh dalam pembuatan iklan. Bahasa yang digunakan dalam iklan Menantea memiliki keunikan dalam pemilihan kata dan penyusunan kalimat, sehingga iklan yang disuguhkan kepada konsumen tergolong berbeda dari iklan pada umumnya. Berdasarkan hal tersebut, permasalah penelitian ini terdiri atas teknik dan gaya bahasa persuasi yang digunakan dalam iklan akun media sosial Instagram merek lokal minuman Menantea. Penelitian ini berbentuk deksriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tangkapan layar ponsel dengan teknik observasi dan teknik catat. Metode analisis data menggunakan analisis isi. Hasil analisis diperoleh empat jenis teknik persuasi, yaitu teknik sugesti, teknik kompensasi, teknik rasionalisasi, dan teknik identifikasi. Teknik persuasi yang cenderung digunakan dalam iklan merek lokal minuman Menantea adalah teknik sugesti. Ditemukan pula dua jenis gaya bahasa, antara lain gaya bahasa perbandingan dan gaya bahasa penegasan. Gaya bahasa perbandingan menghasilkan gaya bahasa hiperbola, metonomia, dan simile. Gaya bahasa penegasan menghasilkan gaya bahasa repetisi. Gaya bahasa yang cenderung digunakan dalam iklan merek lokal minuman Menantea adalah gaya bahasa metonomia.
Kata Kunci: iklan, teknik, gaya bahasa, persuasi
Abstract
This research is motivated by the creation of the language used in Menantea's Instagram social media advertisements. The formed persuasion technique is able to increase the attractiveness of the products offered to consumers. The language creations that also adorn the Menantea advertisements are due to the variations in language style obtained in making advertisements. The language used in the Menantea advertisement is unique in the choice of words and in the preparation of sentences, so that the advertisements served to consumers are classified as different from advertisements in general. Based on this, the research problem consists of the techniques and styles of persuasion used in advertising social media accounts for the local Instagram brand Menantea drink. This research is in the form of a qualitative descriptive. Data collection was carried out using mobile phone screenshots with observation and note-taking techniques. The data analysis method used content analysis. The results of the analysis obtained four types of persuasion techniques, namely suggestion techniques, compensation techniques, rationalization techniques, and identification techniques. The persuasion technique that tends to be used in advertising the local brand of Menantea drink is the technique of suggestion. Two types of language style were also found, namely comparative language style and affirmation style. Comparative language style produces hyperbole, metonymy, and simile. Affirmation language style produces repetition language style. The language style that tends to be used in advertisements for local brands of Menantea drinks is metonymic style.
Keywords: advertising, technique, style, persuasion