Beberapa tahun belakangan ini trend busana yang sedang berkembang di Indonesia adalah trend busana muslim. Trend busana muslim saat ini di Indonesia seperti busana muslim Rabbani yang sesuai ajaran agama islam yang santun, tertutup dan dirancang dengan bahan yang tidak tipis atau menerawang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh Religiusitas dan Kelompok referensi terhadap Keputusan Pembelian.
Penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan metode judgmental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 220 responden dimana yang dipilih adalah responden yang pernah membeli busana muslim Rabbani dan berusia 17-60 tahun. Skala pengukuran menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Penyebaran angket dilakukan secara offline
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kelopompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Religiusitas, Kelompok Referensi, dan Keputusan Pembelian
In recent years the growing fashion trend in Indonesia is a muslim fashion trend. The current trend of muslim clothing in Indonesia such as Rabbani muslim clothing that is in accordance with the teachings of Islamic religion is polite, closed and designed with materials that are not thin or dreamy. This study aims to analyze and discuss the effect of Religiosity and Reference Groups on Purchasing Decisions.
This study uses a nonprobability sampling method with judgmental sampling method. The number of samples in this study were 220 respondents where selected were respondents who had bought Muslim clothing Rabbani and aged 17-60 years. The measurement scale uses a likert scale. Data analysis uses multiple linear regression analysis tools. Distribution questionnaires are done offline.
The results of this study indicate that Religiosity does not significantly influence Purchasing Decisions
The results also showed that the Reference Group had a significant effect on Purchasing Decisions.
Keywords : religiosity, reference groups, and purchasing decisions