PENERAPAN RAGAM HIAS RINGIN CONTONG SEBAGAI HIASAN DINDING OLEH SISWA KELAS VII SMP AINUL ULUM MOJOAGUNG
APPLICATION OF VARIETY OF RINGIN CONTONG AS WALL DECORATION BY CLASS VII STUDENTS OF SMP AINUL ULUM MOJOAGUNG
Pembelajaran tentang ragam hias pada kelas VII di SMP Ainul Ulum Mojoagung kurang mengeksplor kreativitas dalam mengembangkan motif ciri khas daerah, oleh karena itu diperlukan inovasi dengan mengembangkan ikon khas Jombang yaitu Ringin Contong menjadi ragam hias untuk mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas VII A SMP Ainul Ulum Mojoagung bertujuan untuk mengetahui perwujudan ringin contong dan karakter khasnya, proses pembuatan ragam hias ringin contong sebagai hiasan dinding, hasil karya serta tanggapan guru dan siswa mengenai pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Bangunan Ringin Contong memiliki karakter dan ciri khas berbentuk prisma segi-6 pada bagian atas dan segi-8 pada bagian bawah. Proses pembuatan ragam hias ringin contong sebagai hiasan dinding dilakukan selama 5 pertemuan, mulai dari penyampaian materi, membuat desain, menekan, memotong, mewarnai, dan menempel (finishing). Hasil karya hiasan dinding berjumlah 17 karya dengan predikat yang bervariasi mulai dari sangat baik, baik, dan cukup. Dari total nilai keseluruhan diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,14 dengan predikat baik. Penelitian ini mendapat respon baik dari guru seni budaya dan siswa karena merupakan hal baru.
Kata Kunci: Ringin Contong, Hiasan Dinding, Tekan
Learning about the variety of decorations in class VII at SMP Ainul Ulum Mojoagung does not explore creativity in developing regional characteristics motifs, therefore innovation is needed by developing Jombang's distinctive icon, namely Ringin Contong, into a variety of decorations to develop student creativity. The research carried out in class VII A of SMP Ainul Ulum Mojoagung aims to find out the embodiment of ringin contong and its distinctive character, the process of making various ringin contong decorations as wall decorations, the results of the work and responses of teachers and students regarding the learning carried out. This research uses qualitative methods. Data collection techniques use observation methods, interviews, questionnaires, documentation. The validity of the data using the source triangulation method. Data analysis is carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The Ringin Contong building has a characteristic character and characteristics in the form of a 6-faceted prism at the top and a 8-faceted one at the bottom. The process of making a variety of ringin contong decorations as wall decorations is carried out for 5 meetings, starting from delivering material, making designs, pressing, cutting, coloring, and sticking (finishing). The results of wall decoration works total 17 works with varying predicates ranging from excellent, good, and sufficient. From the total overall score obtained an average score of 3.14 with a good predicate. This research received a response from both cultural arts teachers and students because it is a novelty.
Keywords: Ringin Contong, Wall Hangings, Press