ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO
Nama : Honesty Decency Lian
NIM : 15020094018
Program Studi : S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Jurusan : Bahasa dan Sastra Jerman
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs . Ari Pujosusanto, M.Pd.
Tahun : 2019
Keterampilan berbicara merupakan salah satu dari empat keterampilan yang harus dikuasai dalam pembelajaran Bahasa Jerman. Demi mencapai suatu tujuan pembelajaran guru harus dapat mengatur lingkungan belajar yang ada. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud ialah media Flash Card. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jerman banyak metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dari sekian banyak metode pembelajaran tersebut ditemukanlah metode menggunakan media Flash Card yang mempermudah dan mempercepat pembelajaran. Media Flash Card dipilih karena penggunaan media ini sangat mudah dan praktis sehingga biasa dipelajari setiap saat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang diuraikan secara kuantitatif. Data penelitian ini berupa data dari media Flash Card yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Flash Card dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. Teknik pembelajaran dengan menggunakan media Flash Card memberikan pengaruh pada keterampilan berbicara pada siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo, hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan. Berdasarkan Uji normalitas diketahui bahwa uji normalitas terpenuhi baik secara normal maupun visual sehingga dapat dilakukan paired sample t test. Berdasarkan output diperoleh nilai t hitung sebesar -34,014 dengan sig 0,000. Karena nilai sig < a maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, artinya rata-rata nilai pretest dan posttest berbeda. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media flash card mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo.
Hal ini dapat di buktikan dari hasil belajar pretest dan posttest bahwa pertemuan kedua lebih baik dari pertemuan pertama.
Kata kunci: Keterampilan berbicara, media pembelajaran, Flash Card
ABSTRACT
THE EFFECT OF USE OF FLASH CARD MEDIA ON ABILITY TO SPEAK IN CLASS XI STUDENTS OF DRIYOREJO 1 STATE HIGH SCHOOL
Name : Honesty Decency Lian
Study Program : Bachelor of German Language Education
Department : German Language and Literature
Faculty of Language and Art
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.
Year : 2019
Speaking skills are one of the four skills that must be mastered in learning German. In order to achieve a learning goal the teacher must be able to manage the existing learning environment. One of them is by using learning media. The learning media in question is a Flash Card media. To improve German speaking skills, many learning methods are used in learning activities. Of the many learning methods found methods using Flash Card media that simplify and accelerate learning. The Media Flash Card is chosen because the use of this media is very easy and practical so it is usually studied at any time. The formulation of the problem in this study is is there any influence on the use of Flash Card media on speaking ability in class XI students of Driyorejo 1 Public High School. The purpose of this study is to prove the presence or absence of the influence of the use of Flash Card media on speaking skills in class XI students of Driyorejo 1 Public High School. This type of research is experimental research which is described quantitatively. The research data is in the form of data from the Flash Card media obtained from the results of the pretest and posttest.
The results of this study indicate that the Flash Card media can be applied in learning German speaking skills of class XI students of Driyorejo 1 Public High School. Learning techniques using Flash Card media influence the speaking skills of students in Class XI Language of Driyorejo 1 Public High School, this can be proven from the results of calculations. Based on the normality test it is known that the normality test is fulfilled both normally and visually so that paired sample t tests can be carried out. Based on the output obtained the value of t count is -34,014 with sig 0,000. Because the value of sig <, it can be concluded that H0 is rejected, meaning that the average value of the pretest and posttest is different. Thus it can be concluded that flash card media have a significant influence on speaking skills in class XI students of Driyorejo 1 Public High School.
This can be proven from the results of the pretest and posttest learning that the second meeting is better than the first meeting.
Keywords: Speaking skills, learning media, Flash cards