STUDI LITERATUR EFEKTIFITAS E-LEARNING MELALUI EDMODO DAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DI SMK
LITERATURE STUDY OF E-LELARNING EFFECTIVENESS THROUGH EDMODO AND GOOGLE CLASSROOM IN LEARNING IN VOCATIONAL SCHOOL
Ditengah upaya pemerintah memutus penyebaran COVID-19. Pemerintah memberlakukan isolasi mandiri terhadap masyarakat. Sehingga banyak universitas mengalihkan semua kegiatan pembelajaran yang ada dikelas menjadi pembelajaran mandiri atau menjadi pembelajaran online dirumah. Edmodo dan Google Classroom adalah layanan e-learning berbasis internet yang disediakan sebagai sebuah jaringan belajar yang memungkinkan pengajar berbagi materi pembelajaran, memberikan kuis dan tugas, serta berkomunikasi dengan pelajar yang lain tanpa harus tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan Edmodo dan Google Classroom. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), yang terdiri dari 4 langkah penelitian yaitu Research Question, Search Process, Inclusion and Exclusion Criteria dan Quality Assesment. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa efektifitas e-learning Edmodo dan Google Classroom efektif dalam meningkatkan mutu pembelajaran, karena proses pembelajaran tidak hanya terpaku dalam satu waktu dan dalam ruangan saja.
Amid the government's efforts to cut the spread of COVID-19. The government imposes independent isolation on the community. So that many universities shift all existing learning activities in the classroom to independent learning or online learning at home. Edmodo and Google Classroom are internet-based e-learning services provided as a learning network that allows teachers to share learning materials, give quizzes and assignments, and communicate with other students without having to be face-to-face. This study aims to determine the effectiveness of the use of Edmodo and Google Classroom. This study uses the Systematic Literature Review (SLR) method, which consists of 4 research steps, namely Research Questions, Search Processes, Inclusion and Exclusion Criteria and Quality Assessment. The results of this study found that the effectiveness of Edmodo and Google Classroom e-learning is effective in improving the quality of learning, because the learning process is not only fixed in one time and in a room.