Putu Hari Sudewa. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri dengan Memanfaatkan Media PhET untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Wasis, M.Si. dan (II) Dr. Wahono Widodo, M.Si.
.
Kata-kata kunci: Model Inkuiri, Media PhET, Keterampilan Proses Sains.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran sains model inkuiri yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa. Jenis penelitian ini adalah Educational Design Research yang dikembangkan dengan menggunakan tiga tahap dari model 4-D yaitu, tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develope). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan diujicobakan pada siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja, Bali semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan rancangan one group pretest-posttest design. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: (1) Silabus, (2) RPP, (3) Buku Siswa, (4) LKS, dan (5) Lembar Penilaian. Parameter penelitian yang diukur adalah kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran. Data penelitian dikumpulkan dengan metode validasi, observasi, tes, dan angket, kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil belajar kognitif produk dan hasil belajar kognitif proses dianalisis dengan persentase ketuntasan (%) dan skor gain ternormalisasi <g>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori sangat valid, (2) kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik, (3) hasil belajar kognitif produk siswa mengalami peningkatan dengan kategori tinggi dan hasil belajar kognitif proses siswa mengalami peningkatan dengan kategori sedang, (4) siswa memberikan respons sangat positif terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran sains Model Inkuiri dengan memanfaatkan media PhET yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Putu Hari Sudewa. 2019. Development of Learning Tools Inquiry Model by using PhET media to Improve Science Process Skills for Junior High School Student. Thesis, Science Education Study Program, Postgraduate, The State University of Surabaya. Advisors: (I) Dr. Wasis, M.Si. and (II) Dr. Wahono Widodo, M.Si.
Keywords: Inquiry Model, PhET Media, Science Process Skills.
The aim of this research is to produce a science learning tools inquiry model by using PhET media that valid, practic, and effective to improve students science process skills. This research was conducted using three stages from 4-D model, which are defining, designing and developing. Learning package tested in 8st grade of SMP Laboratoium Undiksha Singaraja Bali, in even semester of academic year 2018/2019. Learning tools developed which include (1) Syllabus, (2) Lesson Plan, (3) Student Book, (4) Student Worksheet, and (5) Sheet Assesment. Parameter measured were the validity, praticality, and effectiveness of the learning package with Inquiry model and PhET media. The research data obtained through the validation method, observation, test, and questionnaire, than analysis with descriptive statistics. The result of the research showed that (1) the category of learning tools developed is very valid, (2) learning activity is successfully, (3) cognitive product achivement of students has increased in high category and cognitive process achivement of students has increased in medium category, (4) students responded very positively to respond learning that is already implemented. Based on the analysis and discussion concluded that the learning tools of science model of inquiry with PhET media developed were valid, practical, and effective used to increase students’ science process skills.