Pengembangan Media Game Android Berbasis Articulate Storyline Untuk Pembelajaran Debit Air Siswa Kelas V Sekolah dasar
Development of Articulate Storyline-Based Android Game Media for Learning Water Debit for Fifth-grade Elementary School Students.
ABSTRAK
Nur Rohmah Nilam Sari. 2021. Pengembangan Media Game Android Berbasis Articulate Storyline untuk Pembelajaran Debit Air Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Tatag Y.E. Siswono, M. Pd, dan (II) Dr. Agung Lukito, M.S.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Game Android, Articulate storyline, Debit Air
Pentingnya inovasi pembelajaran di masa pandemik dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara daring atau online dengan menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan makin banyak digencarkan oleh para pelaksana pendidikan meskipun ruang dan waktu pembelajaran saat ini terbatas. Penggunaan media pembelajaran dibutuhkan sebagai penunjang pembelajaran yang diciptakan sesuai perkembangan tehnologi bertujuan agar siswa mampu menginterpretasi informasi tentang konsep abstrak sebagai bahan valid selama proses belajar sehingga dapat mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapkan. Pengembangan media pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pembelajaran yang peneliti laksanakan di salah satu sekolah dasar di Kota Mojokerto yang menunjukkan bahwa banyak guru belum mengembangkan media interaktif berupa game yang dapat dimainkan di perangkat HP versi android dengan menggunakan aplikasi articulate storyline untuk siswa kelas V SD. Penelitian pengembangan dengan model DDDE ini melalui 4 tahap yang dilakukan, yaitu Decide (Memutuskan), Design (Merancang), Develop (Mengembangkan) dan Evaluate (Mengevaluasi). Diawali dengan validasi dari ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kelayakan media, materi dan perangkat pembelajaran. Hasil validasi para ahli media dan ahli materi menunjukkan skor kelayakan media sebesar 4 (layak), kelayakan materi dan perangkat sebesar 5 (sangat layak). Selanjutnya, hasil validasi para ahli dijadikan dasar untuk perbaikan media menjadi draf II. Pada kelas uji yang diperluas didapatkan skor aktivitas guru sebesar 5 (sangat baik) dan persentase aktivitas siswa sebesar 83,33%, dan hasil belajar secara klasikal diperoleh N-gain 0,71 dengan kategori tinggi dengan ketuntasan klasikal sebesar 86%. Selanjutnya, hasil uji normalitas dan uji-t dengan skor sig (2-tailed) < 0,05 makin memperkuat bahwa ada peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan memanfaatkan media pembelajaran game android berbasis articulate storyline ini. Berdasarkan hasil analisis ini disimpulkan bahwa media pembelajaran game android berbasis articulate storyline valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD pada materi Debit Air
ABSTRACT
Nur Rohmah Nilam Sari. 2021. Development of Articulate Storyline-Based Android Game Media for Learning Water Debit for Fifth-grade Elementary School Students. Thesis, Basic Education Study Program, Postgraduate Program, Universitas Negeri Surabaya. Supervisors: (I) Prof. Dr. Tatag Y.E. Siswono, M.Pd., and (II) Dr. Agung Lukito, M.S.
Keywords: android game, media development, articulate storyline, water debit
The importance of learning innovation in the pandemic period in implementing learning carried out online by creating interactive and fun learning is increasingly being intensified by education implementers even though learning space and time are currently limited. The use of learning media is needed as learning support created according to technological developments so that students can interpret information about abstract concepts as valid materials during the learning process so that they can achieve the expected learning competencies. The development of this media is motivated by the results of learning observations carried out by researchers in an elementary school in Mojokerto City which shows that many teachers have not yet developed interactive media in the form of games that can be played on the Android version of HP devices using the articulate storyline application for grade V elementary students. The development research using the DDDE model is carried out through 4 stages, namely Decide, Design, Develop, and Evaluate. They were starting with validation from media experts and content experts to determine the feasibility of media, content, and learning tools. The validation of media experts and content experts show that the content feasibility score is 4 (feasible) and media dan the feasibility of tools is 5 (very feasible). Furthermore, the results of the validation of the experts are used as the basis for improving the media into draft II. In the expanded test class, the teacher activity score is 5 (very good) and the percentage of student activity was 83.33%, and classical learning outcomes obtained an N-gain of 0.71 with a high category with classical mastery of 86%. Furthermore, the normality test and t-test with a score of sig (2-tailed) <0.05 further strengthen that there is a significant increase in learning outcomes by utilizing this articulate storyline-based android game learning media. Based on the results of this analysis, it is concluded that the articulate storyline-based android game learning media is valid, practical, and effective in improving the learning outcomes of fifth-grade elementary school students on Water Debit.