Implementasi Strategi Konstruktivistik dalam Perspektif Pembelajaran Orang Dewasa di Kampung Inggris Pare
Implementation of Constructivist Strategies in the Perspective of Adult Learning in Kampung Inggris Pare.
Rendahnya minat belajar masyarakat dan minimnya sumber daya manusia dalam keterampilan bahasa Inggris di Kawasan Kampung Inggris Pare menyebabkan ketidak seimbangan potensi wilayah dan tujuan pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan oleh FKB Pare melalui program KIM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat, mengidentifikasi implementasi strategi konstruktivistik dalam perspektif pembelajaran orang dewasa. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengelola FKB, Panita KIM, tutor, dan warga sinau. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan menyatakan bahwa konstruksi belajar orang dewasa dilakukan melalui empat tahap yaitu persiapan, proses, evaluasi dan praktek. Faktor pendukung strategi konstruktivistik orang dewasa adalah motivasi belajar, dukungan lingkungan dan ketepatan metode pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, kurangnya media, teknologi pembelajaran dan minimnya perhatian panitia dalam monitoring dan evaluasi.
The low interest in learning among the community and the lack of human resources in English language skills in the Pare English Village area has caused an imbalance in regional potential and the objectives of community empowerment organized by FKB Pare through the KIM program. This study aims to determine the supporting and inhibiting factors, identify the implementation of constructivist strategies in the perspective of adult learning. The descriptive qualitative research method with data collection through in-depth interviews, participant observation, and documentation. The subjects of the study were FKB managers, KIM Committee, tutors, and residents of Sinau. Data analysis includes data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study found that adult learning construction is carried out through four stages, namely preparation, process, evaluation and practice. The supporting factors for adult constructivist strategies are learning motivation, environmental support and the appropriateness of learning methods. While the inhibiting factors are time constraints, lack of media and learning technology and the committee’s low attention is in monitory and evaluation.