Model Pembelajaran ECIRR (Elicit-Confront-Identify-Resolve-Reinforce) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gerak Lurus
ECIRR (Elicit-Confront-Identify-Resolve-Reinforce) Learning Model to Improve Learning Outcomes in Straight Motion Materials
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan
sesudah pembelajaran menggunakan model ECIRR. Metode yang digunakan dalam penelitian
adalah metode pre-experimental dengan one group pre-test post-test design. Populasi pada
penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ponggok yang terdiri dari 5
kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang dilakukan
secara acak kemudian terpilih XA1, XA2, dan XA3. Instrumen penelitian berupa lembar
pengamatan sebagai indikator keterlaksanaan proses pembelajaran dan soal pre-test post-test
sebagai indikator peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari
peningkatan nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh
kesimpulan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model ECIRR didapatkan
berkategori sedang dan hasil belajar peserta didik meningkat dalam kategori sedang
The aim of this study was to determine the increase in student learning outcomes before and
after learning using the ECIRR model. The method used in this research is a pre-experimental
method with one group pre-test post-test design. The population in this study was students of
class X MIPA SMA Negeri 1 Ponggok which consisted of 5 classes. Sampling using simple
random sampling technique which is done randomly then selected XA1, XA2, and XA3.
Research instruments in the form of observation sheets as indicator of the implementation of the
learning process and pre-test post-test questions as indicators of improving learning outcomes.
An increase in learning outcomes can be seen from the increase in the pre-test and post-test
scores. Based on the results of the research data analysis, it was concluded that the
implementation of learning using the ECIRR model was categorized as moderate and could
improve student learning outcomes in the moderate category