Perbedaan konsep yang dimiliki oleh peserta didik dengan yang telah disepakati oleh para ahli disebut miskonsepsi. Miskonsepsi dapat terjadi pada berbagai macam materi, salah satunya yaitu katabolisme karbohidrat. Katabolisme karbohidrat merupakan proses pembongkaran karbohidrat dengan ada atau tidak ada oksigen. Instrumen four-tier multiple-choice test digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripikan validitas instrumen tes secara teoritis maupun empiris dan mengidentifikasi profil miskonsepsi peserta didik pada submateri katabolisme karbohidrat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4 D (define, design, development and disseminate), tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Pengembangan instrumen tes miskonsepsi dilakukan di Laboratorium Pembelajaran Pusat Kajian MIPA dan Pembelajaran Gedung IsDB, Universitas Negeri Surabaya, sedangkan pada saat tes dilakukan di MAN 5 Jombang dengan 24 peserta didik kelas XII MIA-2. Tes dilaksanakan pada tanggal 06 Januari 2020. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa validitas instrumen tes sangat valid dengan rata-rata persentase 98,83%. Validitas secara empiris terdiri dari koefisien reliabilitas yang memperoleh nilai 0,78 (reliabel), indeks sensitivitas rata-rata sebesar 0,45 (sensitif), dan persentase fungsi distraktor rata-rata sebesar 54,55% (distraktor berfungsi dengan baik). Peserta didik mengalami miskonsepsi pada submateri katabolisme karbohidrat dengan rata-rata persentase miskonsepsi sebesar 67,23% (kategori miskonsepsi tinggi), peserta didik yang paham konsep persentasenya sebesar 10,42%, dan peserta didik yang tidak paham konsep persentasenya sebesar 22,35%.
Kata Kunci: miskonsepsi, instrumen tes, four-tier multiple-choice test, katabolisme karbohidrat.
The different concepts that students have with the experts agreed are called misconceptions. Misconceptions can occur in a variety of topics, including carbohydrate catabolism. Carbohydrate catabolism is the process of dismantling carbohydrates with or without oxygen. Four-tier multiple-choice test instruments were used to identify misconceptions. The research aims are to describe the validity of the test instrument in theoretical as well as empirical and identify participant’s misconceptions profiles in carbohydrates catabolism sub material. This research was used 4 D development model (define, design, development, and disseminate), without a disseminated stage. The test instrument was developed at the Learning Center for Study Laboratory of Science and Education Building IsDB, Universitas Negeri Surabaya, whereas performed test was implemented at MAN 5 Jombang with 24 participants learners class XII MIA-2. The test was tested on January 6, 2020. The results of the study indicate that the validity of the instrument tests is very valid with an average percentage of 98,83%. Validity is empirical consisting of the coefficient of reliability which derives a value of 0,78 (reliable), the index sensitivity of an average of 0.45 (sensitive), and the percentage of function distraction average of 54.55% (distractor to work with both). Participants were indicated have misconceptions in sub material catabolism of carbohydrates with an average percentage of misconceptions by 67,23% (category misconceptions high), participant students who understand the concept of percentage of 10.42%, and the participant students who didn’t understand the concept of percentage of 22,35%.
Keywords: misconceptions, test instruments, four-tier multiple-choice test, carbohydrate catabolism.