Respon Terhadap Pembelajaran IPS Berbasis Whatsapp dan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII SMPN 58 Surabaya
Response to Whatsapp Based Social Studies Learning and Self Efficacy of Class VIII Students at SMPN 58 Surabaya
Virus Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap dunia pendidikan dikarenakan betapa mudahnya virus ini menyerang tubuh manusia. Seperti yang diketahui pemerintah telah mengeluarkan peraturan baru sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Sempat terjadi tenggang waktu dimana kegiatan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan, walaupun begitu pembelajaran atau bisa disebut sebagai proses pemberian pendidikan harus tetap dilakukan. Oleh sebab itu dikarenakan Pendidikan adalah salah satu factor yang sangat penting pemerintah mengambil tindakan untuk melaksanakan pembelajaran secara online atau daring. Walaupun pembelajaran daring telah dilaksanakan, dalam pelaksanaannya masih terdapat banyak halangan yang terjadi. Oleh sebab itulah peneliti melakuakn penelitian dengan tujuan untuk menganalisis respons siswa terhadapa pembelajaran daring berbasis media whatsapp berdasarkan pengalaman belajar selama masa pandemic covid 19 dan bagaimana kondisi efikasi diri siswa selama pembelajaran. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk memaparkan, dan menjelaskan kondisi pembelajaran mata pelajaran IPS selama masa pandemi covid-19 yang telah berjalan satu semester sampai sekarang, sehingga akan menggunakan metode kualitatif. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana hukum sebab akibat yang terjadi selama pembelajaran, namun karena hal ini telah terjadi dan tidak diperlukan untuk diberikan perlakuan maka penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis whatsapp pada materi kompetensi dasar 3.1 memiliki kriteria sangat kuat pada aspek penerimaan mereka dalam penggunaan media whatsapp dan kondisi efikasi diri siswa selama pembelajaran berbasis media whatsapp, disimpulkan sangat tinggi.
The Covid-19 virus has had a huge impact on the world of education because of how easily this virus attacks the human body. As is known, the government has issued a new regulation as a measure to prevent the spread of the Covid-19 virus. There had been a grace period where learning activities could not be carried out, even so learning or what could be referred to as the process of providing education must still be carried out. Therefore, because education is one of the most important factors, the government takes action to carry out online or online learning. Although online learning has been implemented, in its implementation there are still many obstacles that occur. That's why the researchers conducted research with the aim of analyzing student responses to online learning based on whatsapp media based on learning experiences during the COVID-19 pandemic and how students' self-efficacy conditions during learning. The purpose of carrying out this research is to describe, and explain the learning conditions of social studies subjects during the covid-19 pandemic which has been running for one semester until now, so that it will use qualitative methods. In addition, to find out how the law of cause and effect occurs during learning, but because this has happened and is not required to be given treatment, this study uses a survey research method. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that the student's response to whatsapp-based learning media on basic competency material 3.1 has very strong criteria on the aspect of their acceptance in the use of whatsapp media and the condition of students' self-efficacy during whatsapp-based learning, concluded very high.