PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 MAN 1 MOJOKERTO
THE INFLUENCE OF SELF-EFFICACY ON HISTORY LEARNING OUTCOMES OF CLASS XI IPS 4 MAN 1 MOJOKERTO STUDENTS
Penelitian ini memiliki rumusan masalah untuk mengetahui adakah pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 4 MAN 1 Mojokerto. Sementara itu, tujuan dari pelaksanaan penelitian yakni, Mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 4 MAN 1 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis one shot case study, dengan pengukuran menggunakan skala likert. Untuk efikasi diri dengan instrumen kuisioner, serta Post test dan Penugasan LKPD untuk variabel hasil belajar sejarah. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar sejarah siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji uji korelasi Product Moment menunjukkan bahwa nilai korelasi koefisien dengan r hitung = 0,378. Jadi, antara variabel X dan Variabel Y mempunyai korelasi positif yang termasuk pada kategori kuat. Kemudian persamaan regresi linier sederhana yakni Y=a+bX yaitu Y= 12.858 + 0,635. efikasi diri berdampak positif bagi kinerja akademik siswa pada pembelajaran sejarah. Tidak hanya itu, efikasi diri secara langsung mampu mempengaruhi kualitas berpikir, memanfaatkan keterampilan kognitif, dan meningkatkan kegigihan siswa dalam mencari solusi dari permasalahan yang ada. Meskipun demikian, masih terdapat siswa yang kurang terpengaruh hasil belajar sejarahnya. Hal ini dikarenakan, pada proses kognitif, afektif, dan psikomotorik setiap siswa mempunyai perilaku dan tindakan yang bervariasi, baik dalam mengumpulkan, menyimpan, memanfaatkan keberhasilan, dan kegagalan mereka. Siswa dengan efikasi diri kuat mempunyai konsistensi dan keefektifan yang bagus dalam mengimplementasikan pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki.
Kata Kunci : Efikasi Diri, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah
This research has a problem formulation to determine whether there is an influence of self-efficacy on the history learning outcomes of class XI IPS 4 MAN 1 Mojokerto students. Meanwhile, the aim of conducting the research is: To determine the influence of self-efficacy on the history learning outcomes of class XI IPS 4 MAN 1 Mojokerto students. This research uses a one shot case study type experimental method, with measurements using a Likert scale. For self-efficacy with questionnaire instruments, as well as post tests and LKPD assignments for history learning outcome variables. The results of this research show that there is a significant influence between self-efficacy and student history learning outcomes. This can be seen from the results of the Product Moment correlation test showing that the correlation coefficient value with calculated r = 0.378. So, variable X and variable Y have a positive correlation which is included in the strong category. Then the simple linear regression equation is Y=a+bX, namely Y= 12,858 + 0.635. Self-efficacy has a positive impact on students' academic performance in history learning. Not only that, self-efficacy can directly influence the quality of thinking, utilize cognitive skills, and increase students' persistence in finding solutions to existing problems. However, there are still students who are less affected by the results of their history learning. This is because, in cognitive, affective and psychomotor processes, each student has varying behaviors and actions, both in collecting, storing, utilizing their successes and failures. Students with strong self-efficacy have good consistency and effectiveness in implementing the knowledge and skills they have. However, the reality in the field shows that when students' learning activities encounter obstacles, which not only come from within themselves but also from outside, which can hinder students' acquisition of knowledge.
Keywords : Self-Efficacy, Learning Outcomes, History Learning