PENGELOLAAN PADA HOMESCHOOLING KAK SETO SURABAYA SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF
MANAGEMENT IN HOMESCHOOLING KAK SETO SURABAYA AS AN ALTERNATIVE EDUCATION
Pengelolaan pendidikan diperlukan agar tercapai efisien dan efektivitas yang mengacu pada tujuan berdiri dan berkembangnya sebuah lembaga pendidikan yang dituntut beradatapsi dalam peningkatan proses pendidikan kearah lebih baik dan bermutu. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan pengelolaan Homeschooling Kak Seto Surabaya serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengelolaan Homeschooling Kak Seto Surabaya sebagai pendidikan alternatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan kemudian kesimpulan atau verifikasi data. Keabsahan data penelitian ini diuji melalui tahap meningkatkan ketekunan, teknik triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), penggunaan bahan referensi dan mengadakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Homeschooling Kak Seto Surabaya sebagai pendidikan alternatif terlaksana dengan baik, terbukti menerapkan fungsi pengelolaan pendidikan meliputi: (1) perencanaan diantaranya penyusunan program pembelajaran satu semester, pengadaan tenaga pendidik, merancang mekanisme pengadaaan peserta didik, (2) pengorganisasian dilakukan dengan mengelompokkan tenaga pendidik sesuai latar belakang pendidikan, (3) pelaksanaan pembelajaran melalui dua program didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, (4) pengawasan dilakukan pada komponen-komponen pendidikan untuk meminimalisir resiko penyimpangan pelaksanaan program yang telah dirancang diawal, (5) evaluasi dilakukan tiap pertemuan oleh tutor dan dilakukan dua kali dalam satu semester oleh lembaga. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan Homeschooling Kak Seto Surabaya yaitu : (1) faktor penghambat meliputi pandangan masyarakat terhadap sistem pembelajaran di Homeschooling Kak Seto Surabaya, tidak adanya SDM ahli yang menanggani peserta didik dengan kondisi tertentu. (2) faktor pendukung meliputi dukungan dari Homeschooling Kak Seto Pusat, Dinas Pendidikan Kota Surabaya, serta kerjasama yang terjalin dengan masyarakat sebagai upaya menciptakan kualitas pendidikan kearah yang lebih baik
Education management is needed to achieve efficient and effectiveness which refers to the purpose of establishing and developing an educational institution that is required to be in the improvement of the educational process towards better and quality. The purpose of this study is to describe the management of Homeschooling Kak Seto Surabaya and what factors affect the management of Homeschooling Kak Seto Surabaya as an alternative education. This research uses a qualitative approach with participatory observation data collection techniques, in-depth interviews, and documentation. Data analysis in this study is data reduction, data display, and then data conclusion or verification. The validity of this research data is tested through the stage of increasing perseverance, triangulation techniques (source triangulation and triangulation techniques), the use of reference materials and holding a membercheck. The results showed that the Homeschooling Program kak Seto Surabaya as an alternative education was carried out properly, proven to apply the function of education management including: (1) planning including the preparation of a one-semester learning program, procurement of educators, designing a mechanism for the learning of learners, (2) organizing carried out by grouping educators according to educational background, (3) the implementation of learning through two supported programs. with adequate facilities and infrastructure, (4) supervision is carried out on the components of education to minimize the risk of irregularities in the implementation of the program that has been designed at the beginning, (5) evaluation is carried out at each meeting by the tutor and carried out twice in one semester by the institution. Factors that affect the management of Homeschooling Kak Seto Surabaya are: (1) inhibitory factors include the public's view of the learning system at Homeschooling Kak Seto Surabaya, the absence of expert human resources that win students with certain conditions. (2) Supporting factors include support from homeschooling Kak Seto Pusat, Surabaya City Education Office, as well as cooperation with the community as an effort to create a better quality of education