ABSTRAK
Nila Wati , Ayu . 2022 . Pengembangan Multimedia E-Book Magic (E-BOMA) Materi ASEAN Untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar . Tesis. Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Yatim Riyanto,
M.Pd, (2) Dr. Waspodo Tjipto
Subroto, M.Pd.
Proses pembelajaran peserta didik kelas VI di SD Negeri 2 Sidoharjo Lamongan , menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang membutuhkan inovasi terutama pada media pembelajaran agar lebih menarik serta dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep materi dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik . Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil validitas perangkat pembelajaran, kepraktisan, dan keefektivan Multimedia E-Book Magic (E-BOMA) , dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI sekolah dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D dan uji coba perangkat menggunakan
pre-test dan post -test . Penelitian pada tahun ajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian yang dilakukan
15 siswa, dan pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Data pre-test dan
post-test mengenai Hasil Belajar akan dianalisis menggunakan uji-t dan di jabarkan dalam bentuk deskriptif kuantatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Multimedia E-Book Magic (E-BOMA) hasil validasi ahli materi memiliki kategori sangat valid dengan nilai 92% , dan validasi ahli media 90% sedangkan keperaktisan Multimedia E-Book Magic (E-BOMA) rerata penilaian guru 92,18% dan rerata angket respon peserta didik 96,5%. P embelajaran dapat dikatakan baik, dan
kefektivan Multimedia E-Book Magic (E-BOMA) dilihat dari hasil belajar peserta didik yang dilakukan sebelum pembelajaran dengan rata-rata 45% peserta didik yang tuntas dan setelah mengikuti pembelajaran menjadi 96 % peserta didik yang tuntas dengan nilai 75. Pada , Pengembangan Multimedia E-Book Magic (E-BOMA) dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik .