Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran pengajuan masalah berbasis aplikasi Geogebra, mengevaluasi aktivitas peserta didik serta mendeskripsikan respon peserta didik. Penelitian ini menguji atas hasil perbedaan N-Gain antara variabel kemampuan berfikir kreatif, pengetahuan konseptual, dan kompetensi strategis. Penelitian dilaksanakan pada pokok bahasan materi grafik fungsi trigonometri kelas X tahun ajaran 2017/2018
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental Design dengan bentuk One group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, tes dan angket respon. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal pretest dan posttest, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan angket respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode analisis parametrik One Way ANOVA dengan alat uji analisis SPSS 20.
Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan baik kemampuan berpikir kreatif, pemahaman konseptual, dan kompetensi strategis setelah dilaksanakan pembelajaran pengajuan masalah berbasis aplikasi Geogebra. Dapat ditarik kesimpulan dari hasil nilai sig. yang ditunjukkan yaitu 0.009 sehingga 0.009<0.05. Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran pengajuan masalah berbasis apliksi Geogebra diperoleh persentase rata-rata sebesar 68,80% dengan kategori aktif. Respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran pengajuan masalah berbasis aplikasi Geogebra termasuk positif dan sangat baik untuk semua pernyataan yang diajukan.
Kata kunci : pembelajaran pengajuan masalah, kemampuan berfikir kreatif, pengetahuan konseptual, kompetensi strategis, aplikasi Geogebra
This research aims to analyze the influence of problem posing learning based on Geogebra application to evaluate the students’ activity and to describe the students’ responses. This research tested the results of N-Gain differences among the variables mathematic creative thinking skills, conceptual understanding, and strategic competencies. The research was conducted on the subject of trigonometric function plots material for X grade students of academic year 2017/2018.
The population of the research was the X grade students in Senior High School 1 Kedungwaru Tulungagung. The sample in this research was 39 students. The sample taken by using cluster random sampling method. The type of the research used Pre-Experimental Design method with One Group Pretest-Posttest Design type. The collecting data technique used obeservation, test, and response questionnaire. The instruments used in this research were the pretest and posttest question sheets, student’s activity observation sheets, and student’s response questionnaires. The research used One Way ANOVA parametric analysis method with SPSS 20 applications.
The results of the study showed that there were signifcant increase of differences in each creativity thinking skills, conceptual understanding and, strategic competence after the activities using problem posing learning based on Geogebra application. The conclusion showed from the result of sig. score was 0.009 so that 0.009<0.05. The result of students’ activities after using problem posing learning based on Geogebra application obtained average score 68.80% with active category. The response of the students toward the activities using problem posing learning based on Geogebra application was possitive and classified into very good for all given aspects.
Keywords: problem posing learning, creative thinking skills, conceptual understanding, strategic competencies, Geogebra application