Kepatuhan membayar pajak merupakan hal yang sangat diperlukan, sebab sektor perpajakan merupakan penerimaan terbesar di Negara. Riset ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh antara pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM di Surabaya. Pelaku UMKM khususnya yang telah terdaftar sebagai wajib pajak di KPP Pratama Surabaya Wonocolo merupakan subjek yang digunakan dalam riset ini. Dengan menggunakan teknik regresi linier berganda dan bantuan program SPPS, diperoleh hasil bahwa kepatuhan wajib pajak dipengaruhi oleh pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan serta kesadaran wajib pajak secara bersama sama. Secara parsial pengetahuan perpajakan memberikan pengaruh secara signifikan pada kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan tidak memberi pengaruh yang signifikan pada kepatuhan wajib pajak, serta kesadaran wajib pajak memberikan pengaruh yang signifikan pada kepatuhan wajib pajak.
Kata Kunci : Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak.
Compliance with paying taxes is indispensable, because the tax sector is the largest revenue in the country. This research aims to see how the influence of tax knowledge, service quality and taxpayer awareness on taxpayer compliance of MSME actors in Surabaya. MSME actors, especially those who have been registered as taxpayers at KPP Pratama Surabaya Wonocolo, are the subjects used in this research. By using multiple linear regression techniques and SPPS program assistance, the results obtained that taxpayer compliance is influenced by tax knowledge, service quality and taxpayer awareness together. Partially taxation knowledge has a significant effect on taxpayer compliance, service quality does not have a significant effect on taxpayer compliance, and taxpayer awareness has a significant effect on taxpayer compliance.
Keywords : Tax Knowledge; Service Quality; Taxpayer Awareness; Taxpayer Compliance.