THE EFFECTS OF TEACHER’S MOTIVATIONAL STRATEGIES ON EFL LEARNER’S SPEAKING ABILITY IN JUNIOR HIGH SCHOOL
Siswa menggunakan kemampuan berbicara mereka untuk berkomunikasi, mengeluarkan ide, menyampaikan ide-ide mereka, dan bersosialisasi diri dengan orang lain. Kemampuan berbicara digunakan untuk mengevaluasi pemahaman bahasa Inggris. Di sisi lain, banyak kemampuan pembelajar EFL dalam menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi secara lisan masih rendah, karena rasa takut dan malu. Oleh karena itu, pembelajar EFL membutuhkan motivasi untuk memperkuat tingkat kepercayaan diri mereka. Ada satu metode untuk mencapainya yaitu strategi motivasi guru. Tesis penelitian ini menyelidiki pengaruh strategi motivasi guru terhadap kemampuan berbicara murid untuk mengetahui apakah strategi motivasi guru dapat meningkatkan kemampuan berbicara pembelajar dalam bahasa Inggris dengan baik atau tidak. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan studi eksperimen untuk menilai pengaruh antara variabel X, strategi motivasi guru sebagai variabel bebas, dan Y, kemampuan berbicara siswa sebagai variabel terikat. Kelompok eksperimen dan kontrol pada penelitian ini ada dua kelas siswa dari kelas VIII pada salah satu sekolah swasta di Sidoarjo, Jawa Timur. Berdasarkan wawancara dengan dua guru bahasa Inggris di sekolah ini, bahwa siswa di sekolah ini menunjukkan sikap yang kurang antusias untuk berbicara bahasa Inggris di kelas baik dengan teman sebaya maupun guru bahasa Inggris mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi motivasi guru mempengaruhi kemampuan berbicara pembelajar EFL dalam kelompok eksperimen. Perhitungan Eta Square mengartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada strategi motivasi guru terhadap kelompok eksperimen. Siswa kelompok eksperimen memiliki motivasi yang lebih besar daripada siswa pada kelompok kontrol. Metode ini mungkin memiliki potensi bagi guru dalam proses pengajaran berbicara bahasa Inggris untuk membantu pembelajar dalam meningkatkan kepercayaan diri pembelajar dan mengatasi hambatan intrinsik dan ekstrinsik yang mereka alami ketika mencoba berbicara bahasa Inggris. Oleh karena itu, guru harus menggunakan strategi motivasi yang telah peneliti lakukan, seperti membangun suasana yang nyaman dengan bersikap ramah, memberikan topik yang menarik, memberikan pujian verbal dan nonverbal, dan memberikan reward mengingat motivasi itu penting dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris, khususnya dalam pengajaran berbicara.
Kata kunci: strategi motivasi guru, pembelajar EFL, kemampuan berbicara.
Learners use their speaking ability to communicate, elicit an idea, convey their ideas, and socialize oneself with others. The ability to talk is used to evaluate English comprehension. On the other hand, many EFL learners' ability to use English for oral communication is still low, due to fear and shyness. Therefore, EFL learners need motivation to strengthen their confidence. There is one method to achieve it that is teacher’s MS (Motivational Strategies). This thesis investigates the effect of a teacher's motivational strategies on a learner's speaking ability, whether knowing that teacher’s motivational strategies can increase learners to speak English well or not. In order to achieve this purpose, a quantitative method and an experimental study were utilized to assess the effect between variables X, the teacher's motivational strategies as an independent variable, and Y, the learner's speaking ability as a dependent variable. The groups of experimental and control in this study were from two classrooms of eight grade learners in one of private schools in Sidoarjo, East Java. Based on interviews with two English teachers at this school, learners in this school have shown a lack of enthusiasm to speak English in class in both their peers and English teachers. The results present that the teacher's motivational strategies affect EFL learners' speaking ability in an experimental group. The Eta Square calculation interprets that there is a significant effect of the teacher's motivational strategies on the experimental group. The group of experimental learners have greater motivation than learners in the control group. This method might have potential for teachers in the English teaching speaking process in order to assist learners in increasing learner’s confidence and overcome both intrinsic and extrinsic obstacles which they experience when attempting to speak English. Therefore, teachers should use motivational strategies that the researcher has done, such as establishing a comfortable atmosphere by being friendly, providing interesting topics, giving verbal and non-verbal compliments, and giving reward remembering that motivation is important in the English teaching and learning process, particularly in teaching speaking.
Keywords: teacher’s motivational strategies, EFL learner, speaking ability.