Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19
Students' Perceptions Of Online Learning During The Covid-19 Pandemic
Proses pembelajaran mahasiswa UNESA jurusan pendidikan geografi angkatan 2020 dan 2021 pada masa pandemi covid-19 tersusun dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS), diawal perkuliahan mengalami hambatan serta kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Dosen terkadang mengalami hambatan dalam melaksanakan pembelajaran sehingga perkuliahan tidak berjalan dengan baik. Dosen maupun mahasiswa kesulitan mengganti waktu pekuliahan untuk memenuhi 15 tatap muka. Fasilitas perkuliahan dalam jaringan (daring) merupakan bagian penting dalam pembelajaran saat ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi, kendala, harapan serta kenyataan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran daring.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini ialah mahasiswa pendidikan geografi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2020 dan 2021. Peneliti mengambil sampel sejumlah 90 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoner melalui google form. Analisis data memakai analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2020 dan 2021 terhadap pembelajaran online akibat pandemi Covid 19 termasuk dalam kategori cukup setuju, mahasiswa dapat belajar menyesuaikan kondisi tersebut dengan lingkungannya sehingga mereka mendapatkan kemampuan serta keterampilan baru secara mandiri, tentunya mereka juga dapat memotivasi diri mereka sendiri untuk menyesuaikan diri dengan pembelajaran baru setiap harinya. 2) Kendala pada saat proses pembelajaran online terdiri dari ketidakstabilan sinyal atau jaringan internet, terbatasnya waktu belajar, serta kurangnya pemahaman mahsiswa terhadap materi yang telah disampaikan dosen pengampu mata kuliah. 3) Harapan mahasiswa geografi adalah dapat melakukan pembelajaran secara offline di kampus. Kenyataan di lapangan banyak mahasiswa mengalami kesusahan dalam memahami mata pelajaran yang diajarkan, sehingga mengalami kesulitan pada saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen.
Kata Kunci: Persepsi, Kendala, Harapan dan Kenyataan
The learning process of UNESA students majoring in geography education class 2020 and 2021 during the covid-19 pandemic was arranged in the Semester Learning Plan (RPS), at the beginning of the lecture they experienced obstacles and difficulties in carrying out online learning. Lecturers sometimes experience obstacles in carrying out learning so that lectures do not go well. Lecturers and students have difficulty changing lecture times to meet 15 face-to-face meetings. Online lecture facilities are an important part of today's learning. This research was conducted to determine the perceptions, constraints, expectations and reality of students in conducting online learning.
This study uses a quantitative descriptive method. The object of this research is the geography education students of the State University of Surabaya class of 2020 and 2021. Researchers took a sample of 90 respondents. The method of data collection is using a questionnaire via google form. Data analysis used descriptive statistical analysis, validity test and reliability test.
The results showed that 1) The perceptions of students of geography education class 2020 and 2021 towards online learning due to the Covid 19 pandemic were included in the category of quite agree, students can learn to adapt these conditions to their environment so that they gain new abilities and skills independently, of course they can also motivate themselves to adapt to new learning every day. 2) Obstacles during the online learning process consist of signal or internet network instability, limited study time, and lack of student understanding of the material presented by the course lecturer. 3) The hope of geography students is to be able to do offline learning on campus. The reality in the field is that many students have difficulty understanding the subjects being taught, so they have difficulty when doing the assignments given by the lecturer.
Keywords:Perception, Obstacle, Hope and Reality