Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa rumusan masalah, diantaranya sebagai berikut: (1) Bagaimana proses penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2018/2019, (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw, (3) Bagaimana respon siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2018/2019, (2) Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan metode kooperatif jigsaw, (3) Respon siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan metode kooperatif jigsaw.Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan metode deskriptif kualitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu atau Quasi Experimemt dengan desain pembelajaran Pre-test dan Post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, penilaian unjuk kerja, angket. Observasi bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa saat pembelajaran. Penilaian unjuk kerja bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa saat pretes dan postes. Angket bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode kooperatif tipe Jigsaw.Hasil penelitian ini pada proses penerapan kooperatif tipe jigsaw menunjukkan aktivitas guru dalam pembelajaran menulis teks drama tanpa menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw atau sebelum perlakuan (treatment) yang berada pada baik sebesar 38,46% dan yang berada pada sangat baik sebesar 61,54% sedangkan aktivitas guru dalam pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw atau setelah perlakuan (treatment) yang berada pada baik sebesar 41,7% yang berada pada sangat baik sebesar 58,3%. Serta aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis teks drama tanpa menggunakan metode kooperatif jigsaw yang berada pada cukup sebesar 26,7%, lalu yang berada pada baik sebesar 53,3% dan yang berada pada sangat baik sebesar 20% sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan metode kooperatif jigsaw yang berada pada baik sebesar 53,3% dan yang berada pada sangat baik sebesar 46,7%.Hasil belajar siswa saat pre-test keseluruhan adalah 1858 dengan rata-rata kelas sebesar 53,8 dan hasil belajar siswa saat post-test keseluruhan adalah 2730,6 dengan rata-rata kelas sebesar 86,6 dengan perbedaan selisih nilai keseluruhan 872,6 dan perbedaan selisisih rata-rata kelas 32,8. Nilai keseluruhan kelas mengalami peningkatan sebesar 46,9% dan rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 60,9%.Respon siswa terhadap pembelajaran menulis teks drama dengan metode kooperatif jigsaw, 90,6% menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw membantu, menyenangkan, dan tidak membosankan dan 9,4% menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw
Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw, Menulis, Teks Drama
his research is motivated by a number of problem formulations, including the following: (1) How is the process of applying the Jigsaw type cooperative method in learning to write drama text in class VIII Driyorejo 1 Public Middle School Academic Year 2018/2019, (2) How is the VIII class learning outcomes Driyorejo 1 Public Middle School Academic Year 2018/2019 in learning to write drama text using the Jigsaw cooperative method, (3) How is the response of class VIII students of Driyorejo Middle School 1 Academic Year 2018/2019 in learning to write drama texts using the Jigsaw cooperative method.The purpose of this study was to find out: (1) Application of the Jigsaw type cooperative method in learning to write drama text of class VIII Driyorejo 1 Public Middle School Academic Year 2018/2019, (2) Learning outcomes of class VIII Driyorejo 1 Junior High School Year 2018/2019 in learning to write drama texts using the cooperative jigsaw method, (3) Response of class VIII students of SMP Negeri 1 Driyorejo Academic Year 2018/2019 in learning to write drama texts using the cooperative jigsaw method.The results of this study on the cooperative application process of the jigsaw type indicate the activity of the teacher in learning to write drama texts without using the cooperative type Jigsaw method or before treatment (treatment) which is in the good amounting to 38.46% and which is very good at 61.54% while teacher activities in learning to write drama texts using the cooperative type Jigsaw method or after treatment (treatment) which is in good amount of 41.7% which is very good at 58.3%. As well as the activities of students in learning to write drama texts without using cooperative jigsaw methods which are in the amount of 26.7%, then those in good at 53.3% and those at very good at 20% while the activities of students in learning to write drama by using the cooperative jigsaw method which is in the good of 53.3% and which is very good at 46.7%Student learning outcomes during the overall pre-test were 1858 with a class average of 53.8 and student learning outcomes during the overall post-test were 2730.6 with a class average of 86.6 with a difference in the overall difference of 872.6 and difference in the difference in class average of 32.8. The overall grade of the class has increased by 46.9% and the class average has also increased by 60.9%.Students' responses to learning to write drama texts using the cooperative jigsaw method, 90.6% stated that learning using the Jigsaw type cooperative method was helpful, pleasant, and not boring and 9.4% stated that learning using the Jigsaw cooperative method
Keywords:Cooperative, Jigsaw, Writing, Drama Text.