Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Karakter
The Implementation of Management of Student in a Perspective of Character Education
Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan telaah literatur mengenai implementasi manajemen peserta didik dalam perspektif pendidikan karakter. Selaras dengan tujuan penulisan tersebut, penulisan ini memakai metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Studi Literatur dengan menganalisis dari 10 artikel nasional dan 10 artikel internasional. Berdasarkan dari analisa jurnal-jurnal penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwasanya manajemen peserta didik dalam perspektif pendidikan karakter didefinisikan sebagai aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan kegiatan peserta didik yang dimulai dari sejak mereka masuk kesekolah hingga dinyatakan sebagai alumni dan bertujuan untuk melakukan penanaman nilai nilai karakter terhadap peserta didik. Tujuan dari manajemen peserta didik dalam perspektif pendidikan karakter ialah untuk menyadarkan dan mengusahakan aktifnya peserta didik terhadap permasalahan dan kondisi sosial yang ada disekitarnya, yang kemudian dapat meningkatkan tujuan hidup melalui proses pembentukan karakter yang dilakukan secara terus-menerus. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dapat diterapkan dan dikemas ke dalam tiga ranah yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain itu, jurnal-jurnal yang telah dikaji juga menjelaskan bahwa manajemen peserta didik dalam perspektif pendidikan karakter memiliki implikasi positif terhadap nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh peserta didik.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Manajemen Peserta Didik, Peserta Didik.
The study aims to present a study of the literature on the implementation of protege management in a character education perspective. In harmony with its purpose, it employs qualitative descriptive methods. The data-collection technique used is the study of literature by analyzing from 10 national articles and 10 international articles. Based on analysis of research journals already done, it can be concluded that the management of learners in character education perspectives is defined as activities relating to the management of learners' activities that go from the time they enter the school to being declared alumni and aims to invest character values on learners. The purpose of learners' management in character education perspectives is to wake up and work actively learners toward the problems and social conditions that surround them, which can then increase the purpose of life through a process of persistent character building. The character education values are applicable and packed into the three realms of cognitive, affective, and psychosomatic. In addition, the studied journals also explain that the management of learners in character education perspectives has positive implications for character values owned by learners.
Keywords: Character Education, Students Management, Students.