Ridho Gata Wijaya. 2016. Evaluasi Program Kelas Khusus Olahraga di Sekolah Menengah Atas Daerah Istimewa Yogyakarta. Disertasi. Program Studi Ilmu Keolahragaan. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes,. dan (II) Dr. Edy Mintarto, M.Kes.
Kata-kata Kunci: Evaluasi, Kelas Khusus Olahraga, Sekolah Menengah Atas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program kelas khusus olahraga di sekolah menengah atas Daerah Istimewa Yogyakarta dan menganalisis program kelas khusus olahraga di sekolah menengah atas Daerah Istimewa Yogyakarta dengan pendekatan CIPP.
Penelitian dengan pendekatan mix method ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan CIPP sebagai pengambilan data. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket dan wawancara dengan jumlah responden yang terdiri dari: guru penjas 13 orang, pelatih cabang olahraga 28 orang, dan atlit 108 orang. Total responden terdiri dari 149 orang yang terdiri dari 5 sekolah menengah atas yang berada di lima kabupaten berbeda, diantaranya: SMA N 4 Yogyakarta (Kotamadya), SMA N 1 Sewon (Kabupaten Bantul), SMA N 1 Pengasih (Kabupaten Kulon Progo), SMA N 1 Playen (Kabupaten Gunung Kidul), SMA N 1 Seyegan (Kabupaten Sleman).
Hasil data yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah: 1) Program kelas khusus olahraga di sekolah menengah atas Daerah Istimewa Yogyakarta terlaksana dengan baik dengan adanya koordinator dan pelaksana program di masing-masing sekolah; 2) Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa manajemen program kelas khusus olahraga Sekolah Menengah Atas di Daerah Istimewa Yogyakarta berada pada kategori cukup baik berada pada kategori cukup baik (Skor rata-rata 3,18 dari skala 1-4). Dari 149 orang responden; 108 siswa menyatakan cukup baik dengan rerata 3,20; 13 guru penjas menyatakan cukup baik dengan rerata 3,25; dan 28 pelatih menyatakan cukup baik dengan rerata 3,10. Sehingga menurut persepsi siswa, guru penjas, dan pelatih pelaksanaan manajemen kelas khusus olahraga Sekolah Menengah Atas di Daerah Istimewa Yogyakarta berada pada kategori cukup baik.
.Berdasarkan hasil penelitian dengan pendekatan CIPP dapat disimpulkan bahwa progam kelas khusus olahraga dapat dikategorikan sudah terlaksana dengan cukup baik dengan hasil capaian dan prestasi atlit.
Ridho Gata Wijaya. 2016. Evaluation of the Special Sports Class Program at the Senior High School in the Special Region of Yogyakarta. Dissertation. Sports Science Study Program. Postgraduate of Surabaya State University. Mentor: (I) Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes,. dan (II) Dr. Edy Mintarto, M.Kes.
Keywords: Evaluation, Sports Special Class, Senior High School.
The aims of this study are to evaluate and analyze the sports specialized class program in senior high schools in Daerah Istimewa Yogyakarta by using CIPP approach.
This mix method research uses qualitative and quantitative methods with the CIPP approach as a way of retrieving data. Data collection techniques using questionnaire media and interviews with the number of respondents consisting of: 13 sports teachers, 28 sports coaches, and 108 athletes. The total respondents were 149 people consisting of 5 high schools which is five different districts, including: SMA N 4 Yogyakarta (in Kota Yogyakarta), SMA N 1 Sewon (in Bantul), SMA N 1 Pengasih (in Kulon Progo), SMA N 1 Playen (in Gunung Kidul), and SMA N 1 Seyegan (in Sleman).
The results that can be concluded from this study are: 1) the sports specialized class program was done well because of the existence of coordinators and executors in each school; 2) the management program of special sport class in Senior High School was categorized as good enough with the average score 3.18 of 4. From 149 respondents; 108 students stated good enough with a mean of 3.20; 13 sport teachers stated that they were good emough with a mean of 3.25; and 28 trainers stated quite well with an average of 3.10. So that according to the perceptions of students, physical education teachers, and trainers the implementation of the management of special classes for senior high school in the Special Region of Yogyakarta is in a good enough category.
Based on the results of the study with the CIPP approach, it can be concluded that the special sports class program can be categorized as being implemented good enough with the results and achievements of athletes.