PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL BORDIR MANUAL MOTIF KERANCANG PADA SARUNG BANTAL MELALUI YOUTUBE
DEVELOPMENT VIDEO TUTORIALS MANUAL EMBROIDERY WITH KERANCANG MOTIFS ON PILLOWCASES IN YOUTUBE
Nama : Raudhiyatuz Zahrah Ramadhani
NIM : 17050404069
Program Studi : S1 Pendidikan Tata Busana
Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Irma Russanti, S.Pd., M.Ds.
Email : raudhiyatuz.17050404069@mhs.unesa.ac.id
Video tutorial merupakan bahan ajar non cetak yang berisi tentang informasi serta proses bimbingan dari seseorang yang ahli kepada sekelompok orang. Video tutorial juga dapat menjelaskan tentang suatu proses, atau langkah dalam pembuatan sesuatu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kelayakan video tutorial serta respon viewers terhadap media pada video tutorial. Metode penelitian yang digunakan merupakan Research and Development (RND) dengan model pengembangan 4D yang meliputi : tahap observasi terhadap materi yang akan digunakan, merancang media video tutorial, mengembangkan media video tutorial, serta menyebarkan media video melalui aplikasi youtube. Analisis dekriptif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini yang digunakan untuk menghitung tingkat validitas dan respon viewers pada video tutorial. Uji coba dilakukan dengan melibatkan 20 orang peserta responden. Pada penelitian ini memperoleh hasil: 1) tingkat validitas materi pada video tutorial memperoleh hasil 76% dengan kategori “layak untuk diuji cobakan”, sedangkan untuk tingkat validitas media pada video tutorial memperoleh hasil 96% dengan kategori “sangat layak untuk diuji cobakan”. 2) sedangkan untuk respon viewers terhadap media video tutorial memperoleh hasil dengan nilai 85,1 dengan kategori “sangat baik”.
Kata kunci: video tutorial, bordir, motif kerancang
ABSTRACT
Name : Raudhiyatuz Zahrah Ramadhani
Study Program : S1 Fashion Education
Major : Family Welfare Education
Faculty : Engineering
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Irma Russanti, S.Pd., M.Ds.
Video tutorials are non-print teaching materials that contain information and guidance processes from an expert to a group of people. Video tutorials can also explain about a process, or steps in making something. The purpose of this study was to determine the feasibility level of video tutorials and viewers' responses to media on video tutorials. The research method used is Research and Development (RND) with the 4D development model which includes: observation of the material to be used, designing video tutorial media, developing video tutorial media, and disseminating video media through the YouTube application. Descriptive analysis is a method used in this study which is used to calculate the level of validity and viewers' responses to video tutorials. The trial was conducted involving 20 respondent participants. In this study obtained the results: 1) the level of validity of the material on the video tutorial obtained 76% with the category "feasible to be tested", while for the level of media validity on the video tutorial obtained 96% with the category "very feasible to be tested". 2) while the viewers' response to the video tutorial media obtained results with a value of 85.1 in the "very good" category.
Keywords: video tutorial, embroidery, design motifs