BENTUK PENYAJIAN LAGU ‘JANGAN LELAH’ DI MALAM PUJI-PUJIAN HKBP RAWAMANGUN
PRESENTATION FORM OF THE SONG ‘JANGAN LELAH’ AT THE HKBP RAWAMANGUN PRAISE NIGHT
Lagu Jangan Lelah yang dibawakan oleh franky sihombing merupakan lagu rohani kristen yang terkenal dikalangan umat kristiani. Lagu tersebut diaransemen oleh Astrid silaban pada acara Malam Puji-Pujian HKBP Rawamangun dengan bentuk musik instrumental yang dibawakan oleh kelompok biola HKBP Rawamangun. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan komponen bentuk penyajian dan menganalisis bentuk penyajian lagu ‘Jangan Lelah’ di Malam Puji-Pujian HKBP Rawamangun. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mewawancarai narasumber, observasi lapangan, kajian pustaka yang substansial.
Hasil pembahasan penelitian ini adalah Bentuk penyajian Lagu ‘Jangan Lelah’ di Malam Puji-Pujian HKBP Rawamangun terdapat komponen yang mendukung penampilan tersebut yaitu pemusik, alat musik, lagu yang disajikan, tata panggung dan pencahayaan,waktu dan tempat, dan penonton. Bentuk penyajian lagu ‘Jangan lelah’ dalam penelitian ini merupakan struktur lagu modern terdiri atas intro, verse, chorus, intro, Verse II, Chorus, Interlude, chorus, coda, dan ending. Dari hasil analisis tersebut terdapat motif pengulangan harafiah, sekuens naik, sekuens turun, pemerkecilan interval, pembesaran interval dan pembalikan.
The song Jangan Lelah performed by Franky Sihombing is a well-known Christian spiritual song among Christians. The song was arranged by Astrid Silaban at the Malam Puji-Pujian HKBP Rawamangun event in the form of instrumental music performed by the HKBP Rawamangun violin group. The purpose of this research is to describe the components of the presentation form and analyse the presentation form of the song 'Jangan Lelah' at Malam Puji-Pujian HKBP Rawamangun. This research method uses descriptive qualitative methods and data collection techniques used in this research are interviewing sources, field observations, substantial literature review.
The results of the discussion of this research are the form of presentation of the song 'Jangan Lelah' at Malam Puji-Pujian HKBP Rawamangun there are components that support the performance, namely musicians, musical instruments, songs presented, stage and lighting, time and place, and audience. The form of presentation of the song 'Jangan lelah' in this study is a modern song structure consisting of intro, verse, chorus, intro, Verse II, Chorus, Interlude, chorus, coda, and ending. From the results of the analysis there are motifs of literal repetition, ascending sequences, descending sequences, interval reduction, interval enlargement and reversal.