JUSTIFIKASI MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI STATISTIKA
MATHEMATICAL JUSTIFICATION OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN STATISTICS
Justifikasi adalah proses pembenaran suatu klaim yang didukung dengan bukti-bukti. Justifikasi merupakan pusat dari matematika. Justifikasi berperan penting dalam pembelajaran karena dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis justifikasi matematis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah pada topik statistika. Penelitian yang dilakukan terhadap 122 siswa SMA dengan memberikan soal tes justifikasi dengan topik statistika, menghasilkan 17% (21 siswa) yang termasuk dalam tingkatan justifikasi level 3, 16% (19 siswa) termasuk dalam level 2, 47% (57 siswa) termasuk dalam level 1, dan 20% (25 siswa) sisanya termasuk kedalam level 0. Analisis lebih lanjut dilakukan untuk melihat proses justifikasi matematis yang dilakukan oleh masing-masing level. Proses justifikasi matematis terdiri atas tiga tahapan, 1) proses pengenalan; 2) proses pembangunan; dan 3) proses pengartian. Siswa level 3 dan level 2 mampu mengenali masalah dan menentukan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut, siswa level 3 dan level 2 juga mampu mengeksekusi strategi tersebut dan dapat mengartikan hasil perhitungan yang telah mereka lakukan. Perbedaan pada siswa level 3 dan level 2 terletak pada pemahaman konsep yang dimiliki. Siswa level 1 mampu mengenali masalah dan menentukan strategi penyelesaian. Meskipun siswa level 1 mampu mengenali dan melakukan perhitungan dengan baik, namun siswa level 1 gagal dalam mengartikan hasil perhitungan yang dilakukan. Sedangkan siswa yang termasuk level 0 tidak mampu mengenali masalah, sehingga siswa level 0 tidak melakukan proses justifikasi.
Justification is the process of justifying a claim that is supported by evidence. Justification is the center of mathematics. Justification plays an important role in learning because it can help students improve understanding of mathematical concepts. Using a qualitative approach, this study aims to analyze the mathematical justification of high school students in solving problems on statistical topics. Research conducted on 122 high school students by providing justification test questions on the topic of statistics resulted in 17% (21 students) included in the justification level 3, 16% (19 students) included in level 2, 47% (47 students) included in level 1, and 20% (25 students) the rest are included in level 0. Further analysis is carried out to see the mathematical justification process by each level. The mathematical justification process consists of three stages, 1) the process of recognition; 2) the development process, and 3) understanding process. Level 3 and level 2 students can recognize the problem and determine the right strategy to solve the problem, level 3 and level 2 students are also able to execute the strategy and can interpret the results of the calculations they have done. The difference in level 3 and level 2 students lies in understanding the concepts they have. Level 1 students can recognize problems and determine solution strategies. Although level 1 students can recognize and do calculations well, level 1 students fail in interpreting the results of calculations performed. While students who are level 0 are not able to recognize the problem, so level 0 students do not carry out the justification process.