Studi ini fokus pada prespektif guru yang mengajar teks deskriptif menggunakan tahapan Peer Assessment. Ada empat tahap, yaitu kriteria guru, desain kelas dalam penilaian sejawat, manajemen guru di kelas, evaluasi guru terhadap teks yang ditulis oleh siswa. Tahapan-tahapan itu harus diikuti dengan tertib jika guru ingin memberikan hasil terbaik untuk pengajarannya. Guru melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah guru mengikuti langkah-langkah penilaian teman sebaya atau tidak. Peneliti merancang penelitian ini secara kualitatif karena ada pengamatan. Subjek penelitian ini adalah sekolah menengah pertama yang telah mengajar selama lebih dari lima tahun dan melibatkan siswa di kelasnya. Pengamatan akan direkam oleh video dan penulis dalam catatan observasi. Dan, akan ada tulisan siswa yang dikoreksi oleh rekannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menerapkan tahapan penilaian sejawat dalam pengajarannya. Dia menggunakan lembar kerja untuk menjaga pengajaran tetap pada jalurnya. Para siswa memberikan sikap yang baik terhadap metode ini karena melibatkan mereka yang kebanyakan mengajar. Penelitian ini telah dilakukan di sekolah menengah atas baik secara lisan maupun tulisan. Namun, akan lebih tepat jika ada penelitian serupa di tingkat sekolah dasar.
Kata kunci: Penilaian Sebaya, Menulis Teks Deskriptif, Mengajar Menulis.
The study focus on the teacher perspective who teaches descriptive text using Peer Assessment stages. There are four stages, those are teacher’s criteria, classroom design in peer assessment, teacher’s management in the classroom, teacher’s evaluation of text written by student. Those stages must be followed orderly if the teacher want to give the best result for her teaching. The teacher conduct this research in order to find out whether the teacher follows the steps of peer assessment or she does not. The researcher designs this research qualitatively because there is an observation. The subject of this study is a junior high school who has teached for more than five years and involves the students of her class. The observation will be recorded by video and written in observation note. And, there will be a student’s writing text corrected by his peer. The result of this study showed that the teacher has implemented peer assessment stages in her teaching. She use a worksheet in order to keep the teaching on track. The students give a good attitude toward this method because it involves them mostly teaching. This research has conducted in senior high school whether in spoken or written. However, it will be appropriate if there is a similar research in elementary school level.
Key words : Peer Assessment, Writing Descriptive Text, Teaching writing.