Pengaruh Perbedaan Karakteristik Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ruangguru
The Effect of Differences in Brand Ambassador Characteristics on Ruangguru Consumer Purchase Decisions
Kemunculan Ruangguru yakni aplikasi bimbingan belajar berbasis onlinepada tahun 2014 terlihat sangat mencuri perhatian dikarenakan mengalahkan beberapa pesaingnya termasuk Zenius.net yang notabene merupakan pioneer dari aplikasi bimbingan belajar berbasis online di Indonesia. Ruangguru menggunakan beberapa Brand Ambassador dan Celebrity Endorser untuk mendukung mereknya dengan perbedaan di bidang profesi maupun karakteristik.Oleh karena itu,penelitian ini bertujuan untuk menguji adakah perbedaan pengaruh dari beberapa Brand Ambassador dari ruangguru dengan perbedaan karakteristik atau profesi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan 200 sampel dengan teknik non-probability sampling dan metode yang digunakan adalah judgemental sampling.Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesionersecara online.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi dan ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan hasil bahwa terdapat perbedaan rata-rata pengaruh brand ambassador Ruangguru terhadap keputusan pembelian konsumen dan profesi/karakteristik yang mengalami signifikan perbedaan yakni, “Penyanyi” dan “Atlet”. Kemudian pada hasil uji regresi yang telah dilakukan ditemukan hasil bahwa Brand Ambassador berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan 13% merupakan pengaruh yang diberikan oleh Brand Ambassador dan 87% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti.
The emergence of Ruangguru, which is an online-based tutoring application in 2014, has been very intriguing because it defeated several competitors, including Zenius.net, which is actually a pioneer of online-based tutoring applications in Indonesia. Ruangguru uses several Brand Ambassadors and Celebrity Endorsers to support their brands with differences in professional and characteristic fields. Therefore, this study aims to examine whether there are differences in the influence of several brand ambassadors from Ruangguru with different characteristics / professions towards purchasing decisions. This study uses 200 samples with non-probability sampling techniques and the method used is judgmental sampling. Data collection method is done by distributing questionnaires / questionnaires online. The data analysis technique used in this study is Regression and ANOVA. Based on the results of research conducted, it was found that the differences in the average influence of Ruangguru brand ambassadors on consumer and professional / professional purchasing decisions that increase significant differences, "Singer" and "Athlete". Then in the results of the regression test that has been found, it is found that the Brand Ambassador influences the Purchasing Decision with 13% being the influence given by the Brand Ambassador and the remaining 87% is influenced by other factors not examined.