Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Ibu memiliki peran penting dan menjadi yang utama dalam membentuk attachment dengan anak. Kondisi ibu bekerja memungkinkan kurangnya waktu bersama anak sehingga berdampak pada hubungan attachment antara ibu dan anak. Kualitas attachmentantara ibu dan anak akan berdampak pada perkembangan sosial emosional anak. Diketahui bahwa perkembangan sosial awal anak dibentuk dari hubungan mereka dengan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan attachment anak dan ibu yang bekerja terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Surabaya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 32 Ibu bekerja yang memiliki anak usia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi.Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment untuk mengetahui hubungan attachmentantara anak dan ibu yang bekerja terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Surabaya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa attachment antara anak dan ibu yang bekerja memiliki hubungan positif signifikan dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini yang ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) = 0.002 (<0.05) dengan nilai pearson correlation = 0.537. Hasil uji signifikansi juga menunjukan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,486 > 2,042) sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik attachment anak dan ibu yang bekerja maka akan semakin tinggi tingkat perkembangan sosial emosional anak usia dini.
Kata Kunci : Attachment, Ibu Bekerja, Sosial Emosional
The background of this research is that mothers have an important role and are the main ones in forming attachments with children. The condition of working mothers allows for a lack of time with children so that it has an impact on the attachment relationship between mother and child. The quality of the attachment between mother and child will have an impact on the child's social-emotional development. It is known that children's early social development is formed from their relationships with their parents. The purpose of this study was to find out whether there is a relationship between the attachment of children and working mothers to the emotional and social development of early childhood at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Surabaya.
This research was conducted using a quantitative approach to the type of correlational research. The number of respondents in this study was 32 working mothers who had children aged 4-6 years. Data collection techniques used are questionnaires, observation, and documentation. The data obtained were analyzed using product moment correlation analysis to determine the attachment relationship between children and working mothers on the social-emotional development of early childhood at Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Kindergarten Surabaya.
The results showed that the attachment between children and working mothers had a significant positive relationship with the social-emotional development of early childhood, as indicated by the sig. (2-tailed) = 0.002 (<0.05) with a Pearson correlation value = 0.537. The results of the significance test also show that the calculated t value is greater than the t table (3.486 > 2.042), so it can be concluded that the better the child's attachment and the working mother, the higher the level of social-emotional development of early childhood.
Keywords: Attachment, Working Mother, Social Emotional