Pengembangan Media Game Edukasi Si Arga Berbasis Android Materi Operasi Hitung Bagi Siswa Sekolah Dasar
Development Of Education Game Media Si Arga Based On Android Arithmetical Operations Material For Elementary School Students
Setiap tahun perkembangan teknologi dan komunikasi selalu menunjukkan peningkatan. Hal itu dapat dimanfaatkan guru untuk menciptakan sebuah media pembelajaran berbasis android yang berbentuk smartphone. Dengan begitu, peneliti mengembangkan media game edukasi Si Arga berbasis android. Media Si Arga adalah game ular tangga yang ada di aplikasi android dimana setiap petak terdapat pertanyaan penjumlahan dan pengurangan 0-100 yang harus dijawab oleh setiap pemain secara bergiliran, sehingga media ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada materi operasi hitung bagi siswa sekolah dasar. Dalam pengembangan media ini terdapat tujuan yaitu : 1). Mengetahui proses pengembangan media game Si Arga. 2). Mengetahui kelayakan dari media game Si Arga. Peneliti dalam mengembangkan media menggunakan model ADDIE. Hasil validasi media terhadap pengembangan media ini memperoleh presentase 91,5% dan validasi materi memperoleh presentase 92,5% Pada tahap implementasi media Si Arga terhadap peserta didik kelas III memperoleh presentase angket rata-rata 98,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media game edukasi Si Arga layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game android, Ular Tangga Operasi Hitung
Every year the development of technology and communication always shows an increase. This can be used by the teacher to create an Android-based learning media using a smartphone. Therefore, the researcher developed an Android-based educational named Si Arga game media. Si Arga media is a game of snakes and ladders in an android application where each stage contains the addition and subtraction questions from 0-100 which must be answered by each player in turn so that the media can be used as a learning media for counting operations material for elementary school students which aims: 1) Knowing the development process of Si Arga game media. 2). Knowing the feasibility of playing the Arga media. Researcher in developing media use the ADDIE model. The results of media validation in the development of this media obtained a percentage of 91.5%, and material validation obtained a percentage of 92.5%. At the stage of implementing Arga media for grade III elementary school students, the average percentage of the questionnaire was 98.7%, so it can be concluded that the educational game media Si Arga is feasible to use.
Keywords: Learning Media for Snakes and Ladders, Android Games, Counting Operations Material.