PENGARUH PENGUNAAN WAYANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATERI HINDU BUDHA
THE INFLUENCE OF USING WAYANG AS A MEDIA FOR LEARNING SOCIAL SCHOOLS ON INTEREST IN LEARNING IN HINDU-BUDHIC MATERIALS
Nama : Ghora Hanung Himawan
NIM : 19041344062
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan IPS
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan Pengaruh wayang sebagai media pembelajaran IPS terhadap minat belajar pada materi hindu budha. Teknik penilitian ini Metode penelitian deskriptif kuantitatif penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental Design The One Shot Case Study. pulasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7B SMP Negeri 42 SURABAYA Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah penilitian ini adalah siswa kelas VII G dan VII I SMPN 42 SURABAYA yang jumlah totalnya adalah 66 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) observasi,, 2) angket dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan statistik deskriptif Hasil penelitian pengaruh penggunaan wayang sebagai media pembelajaran IPS terhadap minat belajar peserta didik pada materi hindu budha adalah sangat baik hal ini dapat di buktikan hasil angket kelas VII G yang sebesar dengan skor rata-rata presentase 84,85 persen dan hasil angket VII I dengan skor rata-rata presentase 80,545 persen Pengunaan wayang sebagai media dapat meningkatan minat siswa dapat membangkitkan minat dan antusiasme siswa, sehingga memotivasi mereka untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, menumbuhkan lingkungan belajar yang menyenangkan daripada membosankan, dan membantu siswa belajar lebih efisien. Selain itu, Materi hindu budha dikemas lebil menarik disanpaikanl dalaml bentuk perunjukanl wayang. Dengan tujuan untuk menumbuhkan minat belajar siswa
Kata kunci : media wayang , minat belajar , materi hindu budha.
Name : Ghora Hanung Himawan
Study Program : S-1
Major : Social Science Education
Faculty : Social Science and Law
Institution : State University of Surabaya
Supervisor : Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T.
This study aims to examine the effect of using the influence of puppets as social studies learning media on interest in learning Hindu Buddhist material. This research technique uses a descriptive quantitative research method, namely the Pre- Experimental Design The One Shot Case Study. The population in this study were all 7B class students at SMPN 42 SURABAYA. The samples taken in this study were students in class VII G and VII I SMPN 42 SURABAYA, with a total of 66 students. Data collection methods in this study are: 1) observation, 2) questionnaire and 3) documentation. The data analysis technique used used descriptive statistics. The results of the research on the effect of using wayang as social studies learning media on students' learning interest in Buddhist Hindu material is very good. This can be proven by the results of the class VII G questionnaire which is as large as with an average percentage score of 84.85 percent and the results of the VII I questionnaire with an average percentage score of 80.545 percent. . In addition, Hindu-Buddhist material is packaged more attractively and presented in the form of wayang performances. With the aim to foster interest in student learning
Keywords: wayang media, interest in learning, Hindu-Buddhist material.