Media dalam pendidikan diartikan sebagai segala
bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Media mempunyai
peranan penting dalam proses pembelajaran karena pembelajaran merupakan suatu
sistem yang mengandung komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan . peran komputer sebagai pembantu
dalam belajar, pemanfaatannya meliputi penyajian informasi, isi materi
pelajaran, latihan soal dan dilengkapi dengan tombol-tombol yang
dapat mengakses perintah yang sesuai.
Adobe Flash merupakan program animasi berbasis vektor, yang telah banyak digunakan
oleh para animator untuk membuat berbagai animasi, Adobe Flash CS6 telah mampu mengolah teks maupun objek dengan efek
tiga dimensi sehingga tampak lebih menarik .
Mahasiswa kurang aktif
dalam mengikuti pembelajaran di kelas dan kurang memahami materi, sehingga
perlu dikembangkan Media pembelajaran berbasis komputer sebagai pendukung dalam
pembelajaran, pemanfaatannya meliputi penyajian informasi, isi materi pelajaran,
latihan soal atau kedua-duanya, perlu dkembangkan media baru
Tujuan dari penelitian ini adalah
menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis komputer menggunakan software Adobe Flash CS6 yang
layak pada Mata Kuliah Fisika dengan kriteria (1) valid, (2) praktis (3)
efektif.
Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan.
Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model R&D(research and development) .
Tahapan-tahapan dari model R&D yaitu: 1) Tahap Potensi dan Masalah, 2) Tahap Pengumpulan Data, 3)
Tahap Desain Produk, 4) Tahap Validasi Desain, 5) Tahap Revisi Desain, 6) Tahap
Uji Coba Produk, 7) Tahap Analisis dan Pelaporan
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran mencapai 85,5% yang
berarti media sangat valid
untuk digunakan . Kepraktisan media pembelajaran mencapai
79,66% yang berarti praktis
untuk digunakan . Sedangkan keefektifan media pembelajaran
menunjukkan hasil 91,89% dan termasuk kriteria sangat tinggi sekali, kegiatan
pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis komputer
menggunakan Software Adobe Flash CS6 menjadi sangat
efektif.
Kata
Kunci: Media pembelajaran, peran komputer, Adobe
Flash CS6 , R&D
Media in education is interpreted as
all forms and channels which used to conveying the information. Media has an
important role in the learning process because learning is a system that
contains of components which interrelated to reach the goal was intended on
purpose. Computer has a role as a helper in learning proccess, its use covering
presentation of information, the contents of the subject matter, practice questions and are equipped
with buttons that can access the appropriate commands.
Adobe
Flash is a program animation
based on vector, which has been widely used by animators to create various
animations. Adobe Flash CS6 have able
to process the text and an objects by a three dimensional effects so that’s
looks more interesting.
Students are less active in participating
in classroom learning and do not understand the material, so it is necessary to
develop computer-based learning media as a support in learning, its utilization
includes the presentation of information, content of subject matter, practice
questions or both, new media needs to be developed
The purpose of this research is to
produce learning interactive media based computer with using Adobe Flash CS6 software in Physics
course by criteria (1) valid, (2) practical (3) effective.
The kind of research that used in this
research is development research. The development model that used in this study
is the R & D model (research and development). The stages of the R & D
model are: 1) Potential and Problem Phase, 2) Data Collection Phase, 3) Design
Product Phase, 4) Design Validation Stage, 5) Design Revision Phase, 6) Testing
Product Phase, 7) Analysis and Reporting Phase.
The research results showed that the
validity of learning media reached 85.5%, which means it is very valid. The practicality
of learning media reaches 79.66% which means it is practical. Then the
effectiveness of learning media shows 91,89%
and includes very high criteria,, the learning media activities using computer
based with Adobe Flash CS6 Software
become to very
effective.
Keywords: Learning media, the role of computers, Adobe
Flash CS6, R & D Models.