Indonesia merupakan negara yang memiliki pesona yang
sangat mengagumkan. Tidak kalah dengan negara lain, Indonesia
juga memiliki beragam pariwisata. Jika diperuncing dalam satu
wilayah yaitu di wilayah Jawa Timur, tentunya banyak objek
wisata yang dapat dikunjungi oleh wistawan. Wisata Alam
Gunung Bromo salah satunya. Banyak situs website yang
menyediakan review mengenai perjalanan wisata. Fakta yang
menarik bahwasanya realitas virtual yang cenderung mendekati
predikat semu merupakan ranah yang diminati oleh masyarakat
saat ini. Praktik diskursif pengetahuan dalam konsep kegilaan
Foucoult dapat dilihat dalam pemasaran virtual pariwisata.
Ironisnya tidak semua informasi diberikan secara netral,
melainkan terdapat kepentingan kapitalis di dalamnya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi relasi kekuatan
reviewer dalam dunia virtual. Serta fenomena pemasaran virual
dalam sudut pandang ilmu social berkaitan dengan dinamika
kekuatan reviewer pariwisata. Penelitian ini mengunakan metode
penelitian kualitatif Online/Web 2.0. dengan prespektif analisis
hacking. Data yang diperlukan dalam penelitian ini akan diperoleh
dari internet (Online research methods[ORMs]). metode yang
dikhususkan untuk memahami realitas virtual yang dikonstruksi
oleh Webster. Blogger/ penguna Blog, Netter/ penguna Internet, dan
penguna media sosial. Aktor yang bermain dalam dunia virtual
diatas merupakan kolaborasi dari individu/ masyarakat dan
perangkat digital yang berbasis online (algoritma atau internet).
Hasil penelitian menunjukan Mengidentifikasi relasi kekuatan
reviewer dalam dunia virtual dapat dilihat melalui jargon file.
Jargon file dapat membentuk area kekuasaan baru yang di
ciptakan melalui tulisan dan perilaku reviewer dalam situs review
wisata. Produksi jargon file wisata Gunung Bromo berdasarkan
analisis diskursif dan non diskursif memproduksi bahasa bahwaGunung Bromo memiliki bahasa brand yaitu ikon wisata
JawaTimur, Golden Sunrise Indonesiaa, dan primadona wisata
Jawa Timur. Dinamika kekuatan pemasaran pariwisata Gunung
Bromo terletak pada perkembangan model dan perilaku bloger
berkaaitan dengan penciptaan review yang semakin kompleks dari
tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan tidak semua reviewer
berusaha mengikuti perkembangan dan tuntutan dalam ruang
virtual.
Kata kunci: (wisata, reviewer, pemasaran)
Indonesia is a country that has amazing charm. Not inferior to other
countries, Indonesia also has a variety of tourism. If it is tapered in one
area, namely in East Java, of course there are many tourist attractions
that can be visited by tourists. One of them is Mount Bromo Nature
Tourism. Many websites provide reviews on travel. An interesting fact is
that virtual reality that tends to approach pseudo-predicates is a domain
that is in demand by the people today. Discursive practice of knowledge
in the Foucoult insanity concept can be seen in the virtual marketing of
tourism. Ironically, not all information is given neutrally, but there are
capitalist interests in it. The purpose of this study is to identify the
relationship of reviewer strengths in the virtual world. And the
phenomenon of virual marketing in the viewpoint of social science is
related to the dynamics of the power of tourism reviewers. This research
uses Online / Web 2.0 qualitative research methods. with the perspective
of hacking analysis. The data needed in this study will be obtained from
the internet (Online research methods [ORMs). a method that is devoted
to understanding virtual reality which Bloggers use Blog users. Netter
Intermet users, and social media users Actors who play in the virtual
world above, are collaborations of individual communities and online-
based digital devices (algorithms or internet) by Webster.
The results of the study show that identifying the relationship
between reviewer strengths in the virtual world can be seen through file
jargon. File jargon can form new areas of power created through writing
and reviewer behavior in tourist review sites. The production of Mount
Bromo tourism jargon files based on discursive and non-discursive
analysis produces the language that Mount Bromo has a brand language,
namely the East Java tourism icon, Golden Sunrise Indonesiaa, and the
prime tourist destination of East Java. The dynamics of the marketing
power of Mount Bromo tourism lies in the development of models and
behavior of bloggers relating to the creation of increasingly complex
reviews from year to year. This is because not all, reviewers try to keep
abreast of developments and demands in virtual space.
Keyword: travel, reviewer, marketing