Abstrak
Tujuan penelitian berjudul penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar keamanan pangan siswa kelas X di SMK Negeri 2 Jombang adalah untuk menjelaskan secara rinci semua aktivitas serta respon siswa pada mata pelajaran keamanan pangan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Jasa Boga 3 SMK Negeri 2 Jombang dengan jumlah siswa 34 yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan dua siklus penelitian. Hasil penelitian berupa aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar yang diukur berdasarkan pada penelitian siklus 1 dan siklus 2, dan respon siswa. Pengukuran hasil belajar pada penelitian siklus 1 diperoleh rata-rata jumlah 61,79% dan pengukuran hasil belajar pada penelitian siklus 2 diperoleh rata-rata jumlah 75,50%. Hasil penelitian membuktikan dengan jelas dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keamanan pangan.
Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil Belajar, Keamanan Pangan, Siswa Kelas X Jasa Boga.
Abstract
The purpose of the study entitled the application of inquiry learning models to improve learning outcomes in class X food safety at SMK Negeri 2 Jombang is to explain in detail all activities and student responses to food safety subjects by using inquiry learning models. This type of research is Classroom Action Research (CAR) while improving the quality of learning. The subjects of the study were students of class X Catering 3 in SMK Negeri 2 Jombang with a total of 34 students consisting of 7 male students and 27 female students. Classroom Action Research is carried out with two research cycles. The results of research in the form of teacher activities, student activities, learning outcomes that are measured based on research cycle 1 and cycle 2, and student responses. Measurement of learning outcomes in the study cycle 1 obtained an average of 61.79% and measurement of learning outcomes in the study cycle 2 obtained an average of 75.50%. The results of the study prove clearly that the application of inquiry learning models can improve student learning outcomes in food safety subjects.
Keywords : Inquiry Learning Model, Classroom Action Research (CAR), Learning Outcomes, Food Safety, Class X Students Catering.