Pada dewasa ini banyak terdapat gejala revolusi, salah satunya terlihat pada bidang teknologi komunikasi. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi komunikasi yaitu adanya handphone yang memiliki berbagai kecanggihan didalamnya. Dengan kecanggihan handphone membuat seluruh masyarakat tertarik untuk menggunakannya tanpa terkecuali anak yang masih berusia sekolah dasar. Akan tetapi kecanggihan handphone kurang dimanfaatkan secara maksimal dan hanya digunakan sebagai hiburan, sehingga handphone hanya berpengaruh buruk serta membuat nilai menurun. Upaya mengurangi dampak buruk yaitu dengan memanfaatkan handphone sebagai media pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa sehingga memerlukan media yaitu matematika. Oleh karena hal tersebut maka dilakukannya penelitian ini sehingga dapat menjawab permasalahan tersebut. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan : (1) Mengetahui proses pengembangan media media Game Labyrinth Adventure berbasis Android sesuai Tahapan Pemecahan Masalah Polya di Sekolah Dasar (2) Mengetahui kelayakan dari media Game Labyrinth Adventure berbasis Android sesuai Tahapan Pemecahan Masalah Polya di Sekolah Dasar.
Penelitian pengembangan game Labyrinth Adventure berbasis Android ini menggunakan model ADDIE, dalam proses pengembangannya melalui 4 tahapan umum. Tahapan pertama dilakukannya analisis pada buku, guru, siswa kelas IV, media yang digunakan serta studi literatur; kedua, pada tahap desain peneliti melakukan desain pada materi yang akan digunakan serta desain media yang berupa storyboard dan juga flowchart; ketiga, pada tahap pengembangan yaitu peneliti melakukan realisasi dari desain materi maupun media yang telah dibuat serta dilakukan validasi media yang dinyatakan valid dengan persentase sebesar 87,5% serta validasi materi yang juga telah dinyatakan valid dengan persentase sebesar 94%; keempat, pada tahap implementasi peneliti melaksanakan uji coba produk pada siswa kelas IV SD Laboratorium UNESA dengan jumlah 20 siswa. Pada keempat tahapan yang telah dilakukan setiap akhir tahapannya dilakukan evaluasi sebelum melakukan tahap selanjutnya.
Uji coba media pada subjek uji coba yaitu siswa kelas IV SD Laboratorium UNESA memperoleh hasil kuisioner sebesar 89,7% serta untuk hasil observasi memperoleh persentase sebesar 95%. sehingga dapat diartikan bahwasanya media game Labyrinth Adventure berbasis Android sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran materi soal cerita keliling dan luas bangun datar kelas IV SD.
Kata kunci : media game Labyrinth Adventure, pengembangan media, pemecahan masalah polya
Nowadays there are many symptoms of revolution, one of which is seen in the field of communication technology. One result of the development of communication technology is the existence of mobile phones that have the various sophistication in them. With the sophistication of mobile phones make the whole community interested in using them without exception children who are still in elementary school. However, the sophistication of mobile phones is not fully utilized and only used as entertainment, so cellphones only have a bad effect and make the value decrease. Efforts to reduce adverse effects is to use mobile phones as learning media. One of the subjects that are considered difficult by students that requires media is mathematics. Because of this, this research is conducted so that it can answer these problems. The development of this learning media aims: (1) Knowing the process of developing Android-based Game Labyrinth Adventure media according to Polya Problem Solving Stages in Elementary Schools (2) Knowing the feasibility of Android-based Game Labyrinth Adventure media according to Polya Problem Solving Stages in Elementary Schools.
This development of Labyrinth Adventure game (Android-based) uses the ADDIE model, in its development process through 4 general stages. The first stage is the analysis of books, teachers, fourth-grade students, the media used and literature studies; second, at the design stage the researcher designs the material to be used as well as media design in the form of storyboards and flowcharts; third, at the development stage, the researcher carries out the realization of the material and media design that has been made and validated the media which is declared valid with a percentage of 87.5% and the material validation which has also been declared valid with a percentage of 94%; fourth, at the implementation stage the researchers conducted a product trial on the fourth-grade students of the UNESA Laboratory Elementary School with a total of 20 students. In the four stages that have been carried out at the end of each stage, an evaluation is carried out before carrying out the next stage.
The media trials on the test subjects, namely the fourth-grade students of the UNESA Laboratory Elementary School, obtained a questionnaire result of 89.7% and from the observation, results obtained a percentage of 95%. so that it can be interpreted that Labyrinth Adventure game (Android-based) is very suitable for use as a learning media material for traveling story stories and flat area of the grade IV elementary school.
Keywords: Labyrinth Adventure game, media development, problem solving Polya