Junaidi, Ahmad. 2024. Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Berdasarkan Gaya Kognitif. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Ismail, M.Pd., dan (II) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd.
Kata kunci: Berpikir Kreatif, field independent, field dependent, Masalah Trigonometri
Berpikir kreatif merupakan kemampuan yang harus dimiliki untuk menghadapi tantangan pada era modern pada abad kecakapan 21. Kemampuan berpikir kreatif siswa merupakan salah satu tuntutan pada kecakapan abad 21, sehingga bisa dikatakan pembelajaran di Indonesia harus melatih siswa bagaimana memiliki kemampuan berpikir kreatif. Berpikir kreatif tentunya tidak terlepas bagaimana siswa bisa melakukan proses berpikir yang tepat, sehingga proses berpikir kreatif siswa harus terbentuk dengan baik dan diajarkan mulai dari pendidikan tingkat bawah sampai tingkat atas. Proses berpikir kreatif siswa juga bergantung pada gaya kognitif masing-masing siswa
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah trigonometri. Pengumpulan data penelitian menggunakan Group Embedded Figure Test untuk menentukan subjek dengan gaya kognitif field independent dan field dependent. Tahap selanjutnya peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan Tes Pemecahan Masalah (TPM) dengan dua lembar tes berbeda dengan menggunakan triangulasi waktu. Pengambilan data proses berpikir kreatif juga dilakukan wawancara untuk memperoleh informasi yang jelas tentang pemecahan masalah yang dilakukan pada lembar TPM. Penelitian ini dilakukan dengan subjek kelas X SMA dengan gaya kognitif field independent dan field dependent.
Hasil penelitian proses berpikir kreatif siswa SMA berdasarkan gaya kognitif field independent, siswa memahami dan mendefinisikan masalah dengan cara membaca soal dengan seksama dan menghubungkan informasi dengan cara mengingat konsep yang pernah dipelajari. Proses penemuan ide dan pemecahan masalah dengan cara mengerjakan langsung tanpa menuliskan rumus atau konsep secara detail. Proses pengecekan hanya dengan menghitung menggunakan kalkulator. Sementara proses berpikir kreatif siswa SMA dengan gaya kognitif field dependent, siswa memahami, mendefinisikan masalah dan menemukan ide pemecahan masalah dengan cara membaca langsung dan menuliskan semua informasi, langkah pengerjaan dan rumus secara diteail pada lembar TPM, Selanjutnya siswa menghubungkan informasi yang ada dengan cara menandai informasi yang berguna dan penting. Proses pengecekan jawaban siswa field dependent dilakukan dengan menghitung ulang menggunakan ide atau rumus lain.
Junaidi, Ahmad. 2024. Students' Creative Thinking Process in Solving Trigonometry Problems Based on Cognitive Style. Thesis. Mathematics Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Supervisor: (I) Dr. Ismail, M.Pd., and (II) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd.
Keywords: Creative Thinking, field independent, field dependent, Trigonometry Problems
Creative thinking is an ability that must be possessed to face challenges in the modern era in the 21st century. Students' ability to think creatively is one of the demands of 21st century skills, so it can be said that learning in Indonesia must train students how to have the ability to think creatively. Of course, creative thinking cannot be separated from how students can carry out the right thinking process, so that students' creative thinking processes must be well formed and taught from lower to upper levels of education. Students' creative thinking processes also depend on each student's cognitive style.
The research is a qualitative descriptive study with the aim of describing students' creative thinking processes in solving trigonometry problems. Research data collection used the Group Embedded Figure Test to determine subjects with field independent and field dependent cognitive styles. The next stage, the researcher collected data using the Problem Solving Test (TPM) with two different test sheets using time triangulation. Data collection on creative thinking processes was also carried out through interviews to obtain clear information about problem solving carried out on the TPM sheet. This research was conducted with subjects in class X SMA with field independent and field dependent cognitive styles.
The results of research on the creative thinking process of high school students based on field independent cognitive style, students understand and define problems by reading questions carefully and connecting information by remembering concepts they have studied. The process of finding ideas and solving problems by working directly without writing detailed formulas or concepts. The checking process only involves calculating using a calculator. While the creative thinking process of high school students uses a field dependent cognitive style, students understand, define problems and find ideas for solving problems by reading directly and writing down all the information, work steps and formulas in detail on the TPM sheet. Next, students connect the existing information by marking useful and important information. The process of checking field dependent student answers is carried out by recalculating using other ideas or formulas.