Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh model pembelajaran Problem Based
Learning terhadap hasil belajar siswa pada Kompetensi Dasar Menerapkan
Persiapan Penyelenggaraan Pertemuan/Rapat Kelas XI OTKP di SMKN 1 Bangkalan
serta mendeskripsikan penerapan
pembelajaran Problem Based Learning pada
Kompetensi Dasar Menerapkan Persiapan Penyelenggaraan Pertemuan/Rapat Kelas XI
OTKP di SMKN 1 Bangkalan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI OTKP 1 dan kelas XI OTKP 3, dimana kelas XI OTKP 1
sebagai kelas kontrol dan Kelas XI OTKP 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan lembar tes. Metode
pengumupulan data menggunakan hasil belajar siswa. Teknik analisis data
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t (hipotesis).
Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dinyatakan tuntas
100% secara klasikal, sedangkan kelas kontrol dinyatakan tuntas 85% secara
klasikal. Nilai rata-rata posttest pada
kelas eksperimen sebesar 82,60, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 78,30.
Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen sebesar
23,10 dan pada kelas kontrol sebesar
12,67.
Berdasarkan
hasil analisis uji t nilai posttest, diperoleh
sebesar 4,353 dengan taraf singinfikan sebesar ,000 (0,000). Sedangkan ttabel
diketahui sebesar 2,002. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima
karena t-test < 0,05 yaitu 0,000 <
0,05 dan thitung (4,353) > ttabel (2,002). Serta, p enerapan model Problem Based Learning terhadap hasil
belajar siswa kenaikan secara signifikan.
Diketahui bahwa nilai rerata
berpikir kritis serupa dibantu soal studi kasus sebesar 86,75. Artinya, dengan
model Problem Based Learning berhasil
memberanikan siswa mengutarakan pendapat atau gagasan tersebut. Dengan demikan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap
hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan persiapan penyelenggaraan
pertemuan/rapat kelas XI OTKP di SMKN 1 Bangkalan, dimana hasil belajar siswa
yang menggunakan model pembelajaran problem
based learning lebih tinggi daripada hasil belajar kelas kontrol.
Kata
kunci : Model Pembelajaran, Problem Based
Learning, Hasil belajar siswa.