Pengaruh Corporate Social Responbility (CSR) Terhadap Tax Avoidance
THE EFFECT OF CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) ON TAX AVOIDANCE
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responbility terhadap tax avoidance. Populasi yang digunakan yaitu perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada 2014-2018 dengan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sampel yang didapatkan 49 perusahaan yang digunakan.Penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif serta menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan pada sektor ini. Pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Cash Effective Tax Rate (CETR) untuk tax avoidance sedangkan Log(biaya) untuk corporate social responbility dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari yang ditunjukkan tidak adanya pengaruh corporate social responbility terhadap tax avoidance.
Kata Kunci: Corporate Social Responbility, Tax Avoidance, CETR
This study aims to determine the effect of corporate social responsibility on tax avoidance. The population used is mining companies listed on the Stock Exchange in 2014-2018 with a sampling method that is purposive sampling with a sample obtained by 49 companies used. Research used quantitative research and used secondary data in the form of financial statements in this sector. The measurement used in this study is the Cash Effective Tax Rate (CETR) for tax avoidance while the Log (cost) for corporate social responsibility uses simple linear regression. The results show that there is no effect of corporate social responsibility on tax avoidance.
Key words: Corporate Social Responbility, Tax Avoidance, CETR